Kapoldasu Minta OKP dan Ormas Jaga Keamanan Sumut

MEDAN – Konflik yang sering terjadi antara Organisasi Kepemudaan (OKP) di wilayah Sumatera Utara perlu dicari solusi sehingga mampu memberikan pemahaman bagi OKP dan Ormas agar menjaga kekondusifan, kemananan dan kenyamanan sehingga tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

Loading...

Demikian disampaikan Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto saat membuka Focus Group Discussion (FGD) bersama sejumlah OKP/Ormas di antaranya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Pemuda Pancasila (PP), Ikatan Pemuda Karya (IPK) dan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPl) di Aula Tri Brata Polda Sumut, kemarin (23/09).

Selain Kapolda, turut hadir Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Dandim 02/01 BS Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga, perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumut, Kejaksaan Tinggi Sumut (Kajatisu), para akademisi dan sejumlah tokoh agama hadir dalam kesempatan tersebut.

Baca juga:  Korban Mulai Berjatuhan, BBKSDA “Kekeuh” tidak Pindahkan Buaya dari Sungai di Natal

“Di sini, kita berkumpul bersama untuk menyamakan persepsi dan pemahaman serta menanamkan dalam diri bahwa rasa aman, nyaman dan persatuan adalah hal yang sangat dibutuhkan. Mewujudkan itu semua adalah tanggungjawab kita. Jadi hal ini perlu kita sadari bersama” kata Kapolda.

Kapolda menegaskan agar OKP/Ormas jangan memanfaatkan wewenang dan kuasa yang dimiliki. Justru sebaliknya, Kapolda berharap kapasitas yang dimiliki hendaknya digunakan untuk memberikan kontribusi terbaik bagi Sumut khsususnya Kota Medan. Hal tersebut dapat diwujudkan lewat sinergitas dan soliditas bersama perangkat daerah melalui program-program yang konstruktif.

Baca juga:  Jokowi Panggil Bahlil Lahadalia

“Alangkah baiknya jika kekuasaan yang dimiliki tidak disalah gunakan. Banyak hal baik yang bisa kita lakukan bersama dengan sejumlah stakeholder terkait. Apalagi Sumut menjadi wajah Indonesia karena keberagaman suku, budaya dan agamanya. Jangan sampai kita mencoreng keindahan dan kekayaan yang kita miliki hanya karena kepentingan segelintir orang yang berakibat pada meruginya banyak orang,” tegasnya.

Sementara, Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi mengapresiasi FGD yang digelar Polda Sumut melalui Direktorat Pembinaan Masyarakat (Binmas) tersebut. Diharapkan Wakil Wali Kota, FGD ini dapat membuka pemikiran serta pemahaman OKP/Ormas agar menjalankan perannya sebagai wadah pembinaan bagi pemuda untuk melakukan hal-hal baik.

Baca juga:  Polisi Siap Jaga dan Kawal Aksi-aksi Unjukrasa

“Keberadaan OKP/Ormas kami harapkan dapat memberi sumbangsih positif khususnya untuk Kota Medan. Melalui ini kami harap OKP/Ormas dapat menahan diri dan kelompok untuk tidak terlibat konflik dengan OKP lainnya. Sebaliknya, hubungan baik antar OKP kiranya dapat dibangun dan terjalin guna memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” pesannya.

Loading...

Komentar Facebook