Wali Kota Medan Berhasil Majukan UMKM

BOGOR – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, dinilai berhasil mendorong sekaligus memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sehingga kembali mendapat penghargaan Natamukti 2019 dari Kementrian Koperasi dan Usaha kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia.

Loading...

Ini kali ketiga diraih Wali Kota dalam kurun tiga tahun berturut-turut, setelah sebelumnya 2017 dan 2018. Keberhasilan ini tentu sebagai bukti komitmennya berupaya memajukan UMKM di Medan melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di Pemko Medan.

Penghargaan ini hasil kerjasama Menkop & UKM dengan International Council for Small Buniness (ICSB). Penghargaan diserahkan Sekretaris Menkop dan UKM RI, Prof  Rully Indrawan dan didampingi Chairman ICSB, Hermawan Kartajaya kepada Wali Kota Medan di Institut Pertanian Bogor (IPB), Kota bogor, kemarin (7/10).

Baca juga:  Pemuda Diminta Terlibat Majukan Wisata Danau Toba

Hermawan Kartajaya mengatakan, penentuan penerima Penghargaan Natamukti melalui proses panjang. Dimulai dari riset tim ICSB dari berbagai daerah, yang kemudian dilanjutkan dengan diverifikasi di lapangan. Setelah melalui penilaian, dan akhirnya terpilih sejumlah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

“Semoga dengan penghargaan yang diberikan ini dapat menjadi inspirasi para institusi pemerintah lain untuk memajukan UMKM di daerahnya masing-masing,” kata Hermawan.

Dzulmi Eldin mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diterimanya. Ia menilai, Penghargaan Natamukti 2019 tidak terlepas dari kerja keras dan dukungan penuh serta komitmen dari semua pihak dalam memajukan dan mengembangkan UMKM di Kota Medan.

Baca juga:  Sumut Harus Jadi Poros HMI Di Indonesia

“Alhamdulillah, Kota Medan tahun ini  kembali mendapatkan Penghargaan Natamukti yang ketiga tahun berturut-turut. Ini tentu motivasi kepada kita semua, dan penghargaan ini akan saya dedikasikan kepada seluruh warga Medan khusus kepada seluruh pelaku UMKM yang terus memproduksi barang-barang khas Kota Medan yang bersaing dengan produk-produk daerah, bahkan negara lain,” ujar Eldin.

Tidak hanya motivasi, penghargaan ini juga menjadi bagian dari lecutan semangat Wali Kota untuk terus meningkatkan ekosistem UMKM serta kualitas produk. Sehingga mampu memasarkan produk Kota Medan baik di taraf nasional maupun internasional.

Baca juga:  Agincourt Resources Raih Penghargaan Subroto 2019

“Keberhasilan ini dijadikan spirit untuk terus melayani dan membina seluruh pelaku UMKM agar mampu meningkatkan kualitas dan penguatan ekosistem UMKM. Mampu memasarkan produknya hingga ke seluruh Indonesia, bahkan mancanegara, dan sekaligus menggeliatkan perekonomian,” paparnya.

Apalagi tegas  Wali Kota, UMKM merupakan komponen penting agar roda perekonomian tetap stabil yang berimplikasi dalam mendukung upaya percepatan pembangunan kota.

“Pelaku UMKM agar lebih inovatif dan terampil dalam menghasilkan produk usaha sehingga dapat lebih dikenal,” pesannya.

(analisadaily)

Loading...

Komentar Facebook