KNPI Sumut Sambut Baik Gagasan Democratic Policing

MEDAN, PUBLIKA.CO.ID – Democratic Policing diharapkan melahirkan kebijakan institusi Polri diarahkan pada konsep profesional, modern, dan terpercaya.

Loading...

Oleh karena itu, implementasi tugas maupun fungsi pemolisian harus sejalan dengan iklim demokrasi, yakni penghormatan terhadap HAM dan civil society.

Demikian disampaikan Ketua DPD KNPI Sumatera Utara, Samsir Pohan dalam acara bedah buku “Polri Dalam Arsitektur Negara” dan “Democratic Policing” yang digelar di Grand Aston City Hall, Medan, Sabtu (02/11/2019).

Baca juga:  Gerak Cepat, Inalum Beri Bantuan Korban Banjir Talawi Batubara

“Polisi harus mampu mendapatkan kepercayaan dari berbagai kelompok masyarakat dengan memperbanyak diskusi dan sharing langsung dengan berbagai kelompok masyarakat khususnya kelompok pemuda”, ungkap Samsir.

Menurut Samsir pentingnya kelompok pemuda dilibatkan melihat fakta bonus demografi saat ini yang menunjukkan hampir 35 persen jumlah penduduk Indonesia saat ini berusia 20-30 tahun.

“Kami siap bersinergi dengan POLRI untuk membangun konsep polisi berbasis masyarakat di Sumatera Utara khususnya”, pungkasnya.

Baca juga:  Enam Daerah Terancam Gagal Gelar Pilkada

Dalam bedah buku yang diinisiasi oleh Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto ini turut hadir pimpinan dari berbagai Universitas Negeri dan Swasta di Medan, Guru Besar FISIP USU, Prof Subhilhar, DPD KNPI Sumatera Utara, BEM se Kota Medan dan aktivis pemerhati demokrasi di kota Medan.

Loading...

Komentar Facebook