430 Peserta Rebut Piala Akhyar Nasution di Medan Futsal Championship 2020

MEDAN, PUBLIKA.CO.ID- Sebanyak 430 peserta memeriahkan Medan Futsal Championship 2020 dengan memperebutkan piala Akhyar Nasution, Minggu (19/1/2020) di GOR Mini Disporasu Jalan Pancing Medan.

Loading...

Ketua Panitia Medan Futsal Championship 2020, Ingan H Pane mengatakan, turnamen futsal piala Akhyar Nasution ini dibagi dalam 5 kategori yakni dari tingkat SD, SMP, U-20 putra dan U-21 putri atau total sebanyak 430 peserta.
“Pertandingan ini adalah kompetisi terbesar ketiga di Sumatera Utara.
Kita berharap kepada Bapak Plt Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution agar ke depan untuk siswa SD dan SMP diberikan kompetisi futsal secara berkesinambungan, karena olahraga ini adalah olahraga yang berkarakter, melatih kedisiplinan dan kualitas diri,” ungkap Ingan.

Selain itu, Ingan berharap, sebagai Walikota Medan, Akhyar Nasution dapat menyediakan lapangan khusus futsal di kota ini.

Sementara itu, Plt Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi menyampaikan, kaum muda sebagai sumber insani serta ahli waris sekaligus penerus cita-cita bangsa, perlu mempersiapkan dan membina diri sedari awal untuk menjadi kader-kader bangsa. Hal ini diperlukan agar dapat menjadi generasi penerus yang berpandangan rasional, berbudi pekerti luhur dan memiliki keterampilan serta bertanggung jawab demi masa depan yang lebih baik.

Baca juga:  Rame-rame! Istri, Abang, Adik, Menantu Gubernur dan Sekda Riau Dilantik Jadi Pejabat

“Salah satu cara pembinaan generasi muda adalah melalui olahraga. Tidak hanya akan menghasilkan tubuh yang sehat dan kuat, tapi juga akan menguatkan mental dan juga mengajarkan semangat sportivitas dan fair play. Makanya tidak salah jika kami mengadakan kegiatan futsal competition ini untuk para pemuda Kota Medan. Sebab, dalam olahraga ini membangun karakter anak muda,” jelasnya.

Akhyar menjelaskan, olahraga yang awalnya dimainkan di negara Uruguay ini, kini menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia. Indonesia sendiri menjadi salah satu kekuatan futsal yang diperhitungkan di asia dan kerap menjadi jawara dalam berbagai turnamen berskala internasional.

Baca juga:  Pesan Ketua MUI Medan ke Bobby Nasution: Bagi Allah Tidak Ada yang Tak Mungkin

“Generasi muda yang saya banggakan, selain berolahraga, gunakanlah masa muda yang indah ini untuk terus belajar, karena suatu sehat masa muda akan memudar. Kebiasaan baik jika dilakukan sedari muda akan menjadi sebuah pembeda di masa depan,” terangnya.

Akhyar juga berpesan, kalah menang itu biasa, tapi jangan biasakan kalah. Kalaupun harus kalah, kalahlah dengan bangga karena telah menunjukkan usaha yang maksimal terlebih dahulu.

“Kemenangan itu adalah bonus dari kerja keras individu dan kerjasama tim. Ketika anda menang, jangan lantas menjadi jumawa. Sebaliknya, berusahalah lebih keras lagi untuk mencapai prestasi yang lebih baik di level yang lebih tinggi. Dalam pertandingan yang melibatkan tim, seorang individu yang memiliki skill mumpuni sekalipun tidak akan pernah sukses jika dia hanya mengandalkan kemampuan dirinya semata. Kepercayaan terhadap sesama rekan dalam satu tim akan menjamin timbulnya kerjasama yang solid. Inilah yang kita sebut bahwa futsal adalah olahraga yang berkarakter. Jadi olahraga ini menanamkan nilai karakter yang dibutuhkan anak muda ke depan,” urainya.

Baca juga:  Mulai Dari Tebang Sawit, Tanam Jengkol, Durian, Melinjo dan Manggis

Di tempat yang sama, Ketua Asosiasi Futsal Kota Medan, Abdi Sembiring mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini.
“Sebagai Ketua Asosiasi Futsal Kota Medan, kami sangat berterimakasih sekali dengan diselenggarakannya kegiatan ini. Yang mana sebelumnya beliau (Akhyar_RED) juga ikut berkecimpung, ikut bersama-sama kami untuk membangun, melatih dan menghasilkan calon atlet-atlet baru di kota ini,” singkatnya.(*)

Loading...

Komentar Facebook