Pilkada Tapsel 2020 : Berpeluang Didukung Golkar, ini Profil Singkat Rasyid Assaf Dongoran.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

MEDAN, PUBLIKA.CO.ID – Rasyid Assaf Dongoran yang biasa disapa RADO, dinilai memiliki sepak terjang dan latar belakang yang sangat kompleks.

Loading...

Sebagai Master Sains lulusan Universitas Sumatera Utara (USU), pria asal Aek Bilah Tapanuli Selatan ini memiliki pengalaman panjang dibidang lingkungan hidup, perkebunan dan kehutanan.

betapa tidak, belasan tahun RADO bekerja dan terlibat langsung dalam Perencanaan & Pembangunan Pertanian Perkebunan Rakyat dibawah naungan berbagai lembaga internasional.

Terlahir sebagai putra pertama dari pasangan Alm. A Dongoran dan Ibu M br Ritonga di desa terpencil di Tapanuli Selatan, yakni Desa Lobu Tayas Kecamatan Aek Bilah, menimbulkan semangat dalam diri RADO untuk ikut bertanggungjawab dab bersemangat membangun ekonomi desa desa terpencil.

“Saya memahami dan mengerti bagaimana penduduk desa terpencil hidup terbatas dan jauh dari akses ekonomi dan pemerintahan, hal itu yang membuat saya termotivasi dan bersemangat dalam membangun desa terpencil”, terangnya.

Putra Siregar Dongoran ini juga sering dan nyaris setiap tahun di undang untuk menghadiri seminar dan konfrensi di negara luar untuk mendengar ataupun bicara seputar tentang pelestarian lingkungan hidup atau pertanian berkelanjutan

Dalam bidang pemerintahan, RADO juga selama ini banyak pernah beberapa tahun aktif sebagai konsultan DPRD dan Pemerintah Daerah melalui sebuah program dukungan tata kelola pemerintahan baik dan bersih kerjasama antar Pemerintah Amerika Serikat (LGSP USAID) dengan Pemerintah Indonesia.

Menariknya, selama menyelesaikan pendidikan Starata Satu (S1) hingga berhasil meraih gelar Master, RADO selalu mendapatkan beragam beasiswa, tak hanya dari pemerintah semata.

RADO tercatat beberapa kali mendapatkan Award (Penghargaan) dari Yayasan milik Keluarga Ratu Inggris berupa dana segar pribadi bagi mendukung gagasannya kegiatannya , ini lah sebagai indikator bahwa sosok ini termasuk cerdas dan dapat pengakuan dari dunia internasional.

Kepiawaian RADO dalam menguasai dua bahasa asing yakni bahasa Inggris dan Perancis membuatnya memiliki nilai tersendiri sehingga sosoknya mampu menjalin jaringan tidak hanya di tingkat nasional semata namun bahkan sampai ke tingkat internasional.

Tahun 2003, RADO akhirnya memutuskan masuk partai Golkar lewat DPD Golkar Tapanuli Tengah yang pada saat itu dipimpin oleh Jamaluddin Pohan dan Ketua KPPG saat itu Farida br Siregar.

Saat ini Rasyid yang juga dikenal sebagai alumni HMI ini dipercaya menjadi salah satu Wakil Ketua DPD Partai GOLKAR Provinsi Sumatera Utara.

“Saya menilai partai Golkar memiliki visi dan program yang jelas khususnya dalam membagun ekonomi pedesaan, perkebunan dan kehutanan”, tambahnya lagi.

Pada tahun 2011, Rado memutuskan menikah dengan Sri Rezeki Arbaningsih, yang berprofesi sebagi dokter spesialis penyakit saluran pernafasan serta aktif sebagai Pengajar Mahasiswa Kedokteran di Universitas Muhamdiyah Sumatera Utara ( UMSU).

Pasangan ini memiliki passion yang cukup kuat sebagai pengabdi masyarakat karena memliki latar belakang pekerjaaan yang selalu turun dengan masyarakat

Saat ini, keluarga makin bahagia apalagi mereka telah telah dikaruniai dua orang putra dan seorang putri yang telah duduk di bangku Sekolah Dasar.

“Saya ini bukan orang kaya raya, tapi saya punya semangat dan yakin bisa akrab betah dengan urusan pertanian, UKMK, industri kecil , pencegahan bencana alam”, tandasnya.

Untuk diketahui, Rado adalah bakal Calon Wakil Bupati Tapsel yang namanya sedang digodok oleh partai Golkar Sumut dan DPP Partai Golkar. Banyak kalangan menilai bahwa Rado memilki peluang besar untuk diusung oleh partai Golkar pada Pilkada Tapsel 2020.

Selain masih muda dan memiliki kualitas dan kapabilitas yang lengkap, mantan aktivis HMI ini ditengarai sebagai tokoh muda yang punya jaringan kuat di Golkar, baik di kabupaten, provinsi maupun pusat.

Loading...

Komentar Facebook