Pemko Medan akan Normalisasi Parit Brayan Bengkel

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

MEDAN, PUBLIKA.CO.ID- Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi melakukan peninjauan parit yang sering dikeluhkan warga di Kelurahan Pulo Brayan Bengkel yang berbatasan dengan Kelurahan Medan Timur, Jumat (14/2/2020) siang.

Loading...

Menurut warga setempat, jika hujan berlangsung dengan deras, maka akan terjadi genangan dan bahkan mereka harus kebanjiran dengan ketinggian selutut orang dewasa.

Tak hanya itu saja, parit Brayan Bengkel ini jika sudah hujan, biasanya langsung surut, namun kini tetap bertahan meski hujan sudah berhenti.

“Makanya, kehadiran kami di sini bersama Kepala Dinas PU dan Perkim, kami akan melakukan normalisasi parit ini. Kita juga akan lihat kondisi ril di lapangan seperti apa,” ujar Akhyar menjawab warga.

Menimpali pernyataan warga, Camat Medan Timur, M Odie Batubara turut mengamini. Bahkan menurut dia, di lingkungan VI, sekitar bulan 10 sudah dilakukan pengorekan, namun saat ini sedimentasinya sudah begitu tinggi yakni sekitar sejengkal orang dewasa.

“Baru bulan 10 kemarin dikorek pak, tapi sudah setinggi ini,” beber Odie kepada Akhyar.

Dalam peninjauan ini, Akhyar bersama Plt Kadis Pekerjaan Umum Kota Medan Zulfansyah, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Perkim dan Penataan Ruang Kota Medan Benny Iskandar, Camat Medan Timur M.Odie Batubara, Camat Medan Deli Ferry Suheri, turut mengurai wilayah mana saja yang nantinya akan dilakukan normalisasi.

Begitupun, kepada warga di dua kelurahan ini, Akhyar berpesan untuk tetap menjaga lingkungan dengan bersih dan tidak lagi membuang sampah ke dalam parit.

“Jangan lagi buang sampah ke parit, tak kan ada gunanya jika kita sudah lakukan normalisasi,” ujar Akhyar kepada warga.

Usai meninjau, kepada awak media, Akhyar menyampaikan, parit Brayan Bengkel ini sudah cukup lama tidak dinormalisasi. Makanya, jika hujan turun, akan melimpah ke masyarakat.

“Saat ini kita bersama Dinas PU, kita akan melakukan normalisasi. Minggu depan kita mulai, namun belum bisa ketahui kapan akan selesai, mengingat masih banyaknya kendala yang terlihat di lapangan,” terangnya.

Akhyar juga mengakui, parit di Brayan Bengkel, merupakan parit yang melayani wilayah Kelurahan Tanjung Mulia, dan Kelurahan Medan Timur seperti Brayan Bengkel, Brayan Bengkel Baru, Brayan Darat I, Brayan Darat II, dan Glugur Darat I.

“Jadi kawasannya kurang lebih sekitar 10.000 hektar. Ini nanti Dinas PU beserta seluruh dinas terkait akan melakukan normalisasi terhadap parit Brayan Bengkel ini,” tandasnya. (*)

Loading...

Komentar Facebook