KPOTI Sumut Apresiasi KOSN-SD Lestarikan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

MEDAN, PUBLIKA.CO.ID – Perhelatan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tingkat SD Medan Deli berlangsung sukses dan meriah. Kegiatan berbagai lomba itu berlangsung selama dua hari, 5-7 Maret 2020.

Loading...
Permainan terompah, salah satu lomba KOSN-SD

Kids atletik atau atletik anak, sepak bola mini dan adminton merupalan permainan dan olah raga yang diperlombakan. Ada juga senam Ahoi dan festival Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional, diantaranya lomba pecah piring, egrang, dan terompah.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD, Hamzah Harahap, hadir mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan. Dia menyebut, berlangsungnya KOSN ini diharapkan mampu mengembangkan bakat dan minat peserta didik khususnya dalam bidang olahraga.

“KOSN SD Tahun 2020 juga diyakini mampu mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri, rasa tanggung jawab, nasionalisme, cinta tanah air, dan menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik,” katanya.

KOSN tahun ini menggandeng Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia ( KPOTI) Sumatera Utara.

“Terus terang saya sangat mendukung (kerjasama dengan KPOTI) dan saya juga menghimbau kepada seluruh kordinator kecamatan di kota Medan untuk turut menggelar kegiatan serupa seperti yang dilakukan dikecamatan Medan Deli ini,” kata Hamzah.

Menurut dia, permainan rakyat dan olahraga tradisional merupakan bentuk pendidikan karakter yang juga masuk dalam kurikulum K13. Dengan permainan tradisional, lanjut Hamzah, anak-anak akan lebih mengerti tentang budaya khas bangsa ini.

“Saya minta kepada pengurus KPOTI SUMUT untuk terus berkordinasi dengan kami dan berkenan bilamana teman-teman di kecamatan lainnya akan menggelar kegiatan serupa,” harap Hamzah.

Kordinator Kecamatan Abdul Ghani mengapresiasi apa yang dilakukan panitia  dalam mensukseskan kegiatan KOSN – SD tahun 2020 ini.

“Kami merasa bangga atas kerja keras teman- teman KKG PJOK dalam pelaksanaan KOSN  ini, perlu saya sampaikan  bahwa kecamatan Medan Deli merupakan kecamatan yang pertama menggelar kegiatan KOSN -SD di Kota Medan. Kepada seluruh kepala sekolah di kecamatan Medan Deli agar terus mendukung setiap program yang akan dilakukan oleh kelompok kerja guru (KKG),” kata Abdul

Agustin Sastrawan Harahap (kaos putih), Ketua KPOTI Sumut

Ketua KPOTI Provinsi Sumatera Utara Agustin Sastrawan Harahap juga mengapresiasi keinginan bersama untuk kembali melestarikan permainan rakyat dan olahraga tradisional Indonesia.

“Keinginan itu telah diwujudkan pada  festival  rakyat dan olahraga tradisional bersamaan dengan kegiatan KOSN – SD. Animo yang hari ini ditunjukkan para peserta sudah cukup baik dan kami terharu melihat adik-adik bermain olahraga tradisional,” katanya.

“Kami berharap apa yang mereka rasakan hari ini dapat terus  dirasakan juga di sekolah dan lingkungannya. Lestari budayaku, bugar bangsaku,” tutup Agustin.

Loading...

Komentar Facebook