Gawat! Satu Pasien Positif Corona Kabur Dari Rumah Sakit

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Satu pasien yang dinyatakan positif Covid-19 dinyatakan kabur dari RSUP Persahabatan. Pasien berjenis kelamin perempuan warga DKI Jakarta tersebut sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Loading...

Seperti diberitakan kompas.com,
Juru bicara Tim Dokter Pasien Covid-19 RSUP Persahabatan, Erlina Burhan mengatakan ada satu pasien positif covid-19 yang kabur dari ruang rawat isolasi.

Peristiwa kaburnya pasien tersebut dinyatakan terjadi sekitar satu pekan yang lalu.

“(Pasien) tidak diizinkan (keluar ruang isolasi). Jadi kan ada pintu masuk, diam-diam dia keluar. Sudah ditunggu oleh keluarga. Kita tahu, setelah dia keluar,” kata Erlina di lokasi, Jumat (13/3/2020).

“Ruang isolasi bukan kayak penjara yang digembok yah. Ada juga tempat masuknya. Karena kan pasien harus masuk dari depan, nah begitu masuk petugas meleng, dia (pasien) keluar dan sudah ada keluarga,” ujar Erlina.

Diduga pasien tersebut kabur karena takut tertular dengan pasien positif Covid-19 lainnya.

Sebab, ruang isolasi di RSUP Persahabatan, satu kamar diisi dua pasien.

Selalin itu, kriteria ruangan penanganan virus corona juga dipastikan steril dan sesuai kriteria penanganan penyakit Covid-19.

“Ruangan kami bertekanan negatif jadi untuk transmisi itu sangat-sangat kecil kemungkinan dan juga untuk pengendalian dan pencegahan infeksi itu disarankan untuk tempat tidur berjarak minimal dua meter dan itu dilakukan,” ujar Erlina.

Hingga kini pihak RSUP Persahabatan belum mengetahui apakah pasien tersebut kembali dirawat di RS rujukan lainnya atau tidak.

Kabar terbaru, Juru Bicara pemerintah untuk penanganan kasus corona, Achmad Yurianto juga membenarkan kaburnya pasien positif corona itu.

Namun, dia menyatakan yang bersangkutan sudah ditemukan dan kembali diisolasi.

Hingga Jumat (13/3/2020), pemerintah merilis ada 34 kasus positif corona di Indonesia. Dari jumlah itu, sebanyak 2 orang meninggal dunia.

Satu orang adalah WNA asal Inggris yang meninggal dunia di Bali.

Satu orang lainnya adalah WNI yang meninggal dunia di Solo, Jawa Tengah. Belum diketahui pasti WNI yang meninggal dunia ini bagian dari 34 kasus itu, atau kasus baru.

Di tengah wabah virus corona, harapan akan kesembuhan juga terus tumbuh. Setidaknya ada lima pasien positif corona yang kemudian dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Loading...

Komentar Facebook