Tekan Jumlah Korban, Pemerintah Berencana Gelar Test Corona Massal

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Untuk menghambat meningkatnya jumlah kasus pandemi Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, pemerintah berencana melakukan pemeriksaan massal.

Loading...

Hal tersebut juga sebagai upaya menekan semakin banyaknya korban meninggal dan melokalisir virus yang awalnya berasal dari provinsi Wuhan, Cina.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebut bahwa pemerintah dalam waktu ke depan akan melakukan pemeriksaan secara massal atau screening massal kepada Covid-19.

“Dalam waktu dekat pemerintah berencana melakukan pemeriksaan massal atau kami sebut screening massal kepada Covid-19 yang teknisnya sekarang kami siapkan secara keseluruhan,” kata Yuri dalam keterangan resmi yang disiarkan melalui Youtube di akun BNPB Indonesia, Kamis (19/03/2020).

Yuri mengatakan, pemeriksaan massal akan menggunakan metode rapid test. Dimana, pasien terduga corona akan diambil darahnya untuk dipastikan yang bersangkutan positif atau tidak terjangkit virus tersebut.

“Beberapa negara telah melaksanakan ini dan pemerimtah juga akan segera melaksanakan,” ungkap dia.

Lebih lanjut, kata Yuri, pemerintah akan mengedukasi publik sebelum melaksanakan pemeriksaan massal dengan rapid test. Misalnya, pemerintah mengedukasi pasien terduga corona untuk bisa melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Sebab, kasus positif tanpa gejala atau kasus positif dengan gejala yang ringan, tentunya akan diedukasi untuk melaksanakan isolasi diri atau self isolation yang bisa dilaksanakan secara mandiri di rumah,” tutur dia.

Loading...

Komentar Facebook