Jokowi: Kita Siapkan Obat Corona, Avigan Sebanyak 2 juta dan Chloroquine 3 juta

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID – Ada angin segar di tengah riuhnya persoalan virus corona. Presiden Joko Widodo dalam pernyataan pers di Istana negara menyatakan bahwa pemerintah telah memesan obat untuk pasien corona.

Loading...

Jenis obat yang dipesan itu merupakan hasil penelitian dan pengalaman beberapa negara yang berhasil obati pasien corona dengan  obat-obat itu.

Kata Jokowi, Indonesia sudah memesan 5 juta obat. Terdiri dari dua macam obat, yaitu Avigan sebanyak 2 juta dan Chlorouine 3 juta.

“Obat tersebut akan sampai pada pasien yang membutuhkan melalui dokter keliling dari rumah ke rumah, melalui rumah sakit dan puskesmas di kawasan yang terinfeksi,” kata Jokowi, Jumat (20/3).

Seperti dilansir CNN Indonesia, berikut ini pernyataan lengkap Presiden Joko Widodo:

Mengenai antivirus, sampai sekarang belum ditemukan. Dan ini yang saya sampaikan itu tadi obat. Obat ini sudah dicoba oleh 1,2,3 negara dan memberikan kesembuhan yaitu Avigan.

Kita telah mendatangkan 5.000 dan dalam proses pemesanan 2 juta. Kedua, Chloroquine ini kita telah siap 3 juta.  Kecepatan ini yang kita ingin sampaikan kita tidak diam tapi mencari hal-hal, info-info apa yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan Covid19.

Sebelumnya, desakan dari parlemen dan masyarakat semakin kencang agar pemerintah mengambil langkah cepat tangani viris corona.

Terkait penyediaan obat itu, presiden Jokowi juga meminta agar importasi obat-obatan dipermudah.  Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto.

“Hasil ratas pemerintah yaitu segera menerbitkan perpres kemudahan dan percepatan proses pengadaan barang dan jasa terkait penanggulangan Covid-19,” terang Airlangga. (*)

Loading...

Komentar Facebook