Angkut Logistik Penanganan Corona, Besok Pesawat TNI Tiba Dari Cina

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –
Pemerintah Indonesia melalui Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah menerbangkan tim khusus untuk mengangkut obat-obatan, peralatan dan logistik sebagai prioritas kebutuhan penanganan Covid-19 dari Tiongkok.

Loading...

Tim dari anggota TNI diberangkatkan menggunakan pesawat C130 Hercules A-1333 pada Sabtu (21/03/2020) dan telah mendarat di Pudong, Shanghai, Tiongkok pada hari yang sama pukul 21.15 WIB setelah menempuh sekitar delapan jam penerbangan.

Demikian disampaikan Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurinto, lewat media channel sosial BNPB, di Jakarta, Minggu (22/03/2020).

Yuri menjelaskan bahwa pesawat yang sebelumnya transit di Bandara Raden Sadjad Ranai, Natuna untuk mengisi bahan bakar tersebut telah mengangkut sebanyak 12 Ton kebutuhan prioritas yang terdiri dari alat kesehatan, obat-obatan, alat Pelindung Diri (APD), alat tes cepat (rapid test), masker dan segala kebutuhan medis lainnya untuk perawat dan pasien covid-19 di Indonesia.

Sesuai rencana pesawat akan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta membawa keperluan prioritas pada Senin (23/03/2020) pukul 09.30 WIB.

Saat melakukan ‘loading’ kebutuhan prioritas tersebut, petugas darat dan anggota TNI menggunakan protokol yang telah disesuaikan.

Dalam keterangan resmi sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa obat-obatan, APD dan peralatan medis yang menjadi prioritas tersebut merupakan jenis yang sama digunakan untuk penanganan covid-19 di Tiongkok dan Korea Selatan yang mana telah teruji dan terbukti efektif untuk menangani pandemi Corona.

“Obat dan peralatan ini terbukti efektif digunakan untuk mengatasi virus Corona di Tiongkok dan Korea Selatan,” kata Yuri.

Loading...

Komentar Facebook