Kemenhub; Jangan Mudik Lebaran, Silaturahminya Bisa Pakai Video Call

Pencegahan Mudik diharapkan Cegah Penyebaran Virus Corona

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Perhubungan mengimbau masyarakat agar tidak mudik atau pulang kampung pada lebaran tahun ini. Anjuran itu dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 atau virus corona sampai ke desa-desa.

Loading...

Hal itu disampaikan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setyadi, dalam video pendek yang diunduh. Imbauan itu disampaikan setelah melakukan rapat dan diskusi dengan sejumlah kementerian dan lembaga.

“Untuk itu kita dari Kemenhub nanti akan bersama-sama dengan kementerian terkait dan kepolisian kita akan mengimbau kepada masyarakat untuk lebaran di 2020 untuk tidak melaksanakan mudik,” kata Budi, Rabu 25 Maret 2020.

Untuk silaturahmi yang sering dilakukan setiap lebaran, ia mengimbau untuk menggunakan teknologi yang berkembang. Seperti bisa melalui WA maupun dengan cara video call.  Sebab jika dipaksakan untuk mudik, dikhawatirkan perkembangan Covid-19 ini semakin meluas karena adanya pergerakan manusia yang begitu besar ke wilayah lain di Tanah Air.

“Karena dengan kita mencegah mudik atau kita tidak berkunjung ke keluarga kita di daerah-daerah tentu kita semuanya akan mendukung terhadap keputusan pemerintah,” katanya.

Saat ini, pemerintah telah memberlakukan kebijakan untuk work from home atau kerja di rumah, menjaga jarak dengan orang lain dan tidak melakukan aktivitas bersama banyak orang. Dikhawatirkan  penyebaran virus Corona akan tetap terjadi jika itu dilakukan. Maka, diharapkan masyarakat tidak mudik  pada lebaran tahun 2020 ini.

“Bahwa aspek kesehatan, aspek keselamatan masyarakat kita dan kita harus bahu membahu antara pemerintah pusat, pemerintah daerah termasuk masyarakat untuk bersama-sama kompak mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.

Loading...

Komentar Facebook