Begini Ciri-Ciri Positif Terinfeksi Virus Corona

Kelompok lanjut usia memang lebih rentan, tetapi kaum muda usia juga bisa diserang corona

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID – Dalam kondisi sekarang ini, Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang sudah ditetapkan WHO sebagai pandemik global dapat menyerang siapa saja, bahkan semua kelompok umur bisa saja terinfeksi virus yang berawal dari Cina itu.

Loading...

Walaupun, menurut penilitian kelompok yang lanjut usia (lansia) memang disebut paling rentan diinfeksi oleh virus mematikan itu. Tetapi bukan berarti kelompok usia muda tidak memiliki resistensi yang berbeda dengan para lansia.

Pada dasarnya, Covid-19 memiliki gejala awal atau ciri-ciri yang bisa dikenali, sama dengan penyakit lain yang juga memiliki gejala awal sebelum tubuh benar-benar dikuasai oleh penyakit tersebut.

Seperti dilaporkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dilansir kompas.com menyebutkan sejumlah gejala yang bisa mengindikasikan seseorang mengidap  Covid-19.

Gejala itu di antaranya mengalami demam, diikuti dengan batuk atau flu.

Namun, jangan lupa, CDC melaporkan dalam beberapa kasus, penderita Covid-19 bisa saja tidak memgalami gejala apapun.

Seperti apakah sebenarnya ciri-ciri positif terinfeksi virus corona?

CDC melaporkan umumnya pasien yang sudah positif terinfeksi Covid-19 akan memgalami demam, batuk kering dan sesak nafas atau bisa juga merasa mual dan diare.

Setelah sesorang terpapar virus Covid-19, maka dalam waktu 2-14 hari, demam, batuk kering, dan sesak napas tersebut bisa terjadi dari tingkatan ringan hingga parah setelah seseorang terpapar virus. Selama 2-14 hari adalah masa inkubasi virus didalam tubuh manusia.

National Health Service, bahkan melaporkan bahwa gejala Covid-19 bisa saja terjadi secara terus menerus dalam waktu lebih dari 1 jam, atau, dalam 1 hari, batuk terjadi lebih dari 3 kali waktu.

Menurut CDC, tanda yang umum lyang mengindikasi seseorang positif terinfeksi virus penyebab Covid-19 adalah mengalami kesulitan bernapas, nyeri di bagian dada, atau bibir dan wajah berwarna kebiruan.

Jika Anda mengalami tanda-tanda ini, maka Anda harus secepat mungkin mengakses layanan kesehatan atau mendapat penanganan medis.

Sementara jika gejala masih tergolong ringan, maka Anda bisa melakukan karantina atau isolasi mandiri di rumah masing-masing dan menunggu gejala mereda perlahan. (***)

Loading...

Komentar Facebook