Kreatif, RSU Ibu Kartini Asahan Ciptakan APD Dari Bahan Ini

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, ASAHAN – Ditengah berbagai kendala medis dan keterbatasan dalam menghadapai penanganan corona, tim medis Rumah Sakit Ibu Kartini (RSIK) Kisaran, membuat APD sendiri  dari bahan sederhana dan seadanya.

Loading...

Ide  untuk membuat APD sederhana ini digagas Kepala Instalasi Farmasi RSUIK,  Yessy Yulianti.

“Saat ini kita hanya baru buat Face Shieldnya saja dan itu pun baru beberapa buah saja karena ini kita kerjakan diwaktu-waktu luang,”ujarnya, Selasa (31/03/2020)

Yessy dan teman-temannya berencana akan membuatkan 50 set APD terdiri dari Face Shield (pelindung wajah) beserta  pakaian pelindung (jumpsuit) yang akan dipergunakan oleh tenaga medis.

Sarjana Apoteker Alumni Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara (USU) tahun 2006 ini mengatakan, gagasan untuk membuat APD tersebut  karena terjadinya kelangkaan dan harganya yang melambung tinggi. Sementara jumlah APD tersedia di rumah sakit itu belum mencukupi.

“Untuk Face Shieldnya kita buat dari bahan Plastik mika sedangkan untuk pakaiannya kita berencana membuatnya dari jas hujan,”ungkap nya.

Yessy menyebutkan, sejauh ini pihak RSUIK memang belum pernah menangani pasien yang terindentifikasi terinfeksi Covid 19. Kreativitas yang mereka lakukan tersebut tak lebih untuk mengantisipasi jika ada pasien yang diduga terjangkit virus mematikan itu di kirimkan ke RSU tersebut. (rudi yansah ritonga)

Loading...

Komentar Facebook