Aneh, Makanan Ini Populer Dengan Nama Setan, Begini Ceritanya

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG – Lodho Setan, makanan populer yang sangat digemari di wilayah Tulungagung dan Trenggalek. Berbahan ayam kampung dan kuah pedas, Lodho Setan sekilas tampak seperti opor ayam.

Loading...

Rasa Lodho Setan ini sungguh maknyus. Rasa pedasnya yang luar biasa sehingga namanya dijuluki lodho setan

Di kawasan mataraman bagian selatan, makanan ini paling banyak diburu. Selain jumlah kedai yang menyediakan lodho cukup banyak, konon makanan ini hanya terasa nikmat jika diolah oleh orang-orang Trenggalek dan Tulungagung.

Salah satu kedai lodho jagoan di Tulungagung adalah warung lodho Lestari Jaya milik Suparti di Desa Sukoanyar, Kecamatan Pakel. Tak hanya pedasnya yang setan, rasa lodho racikan Suparti juga juara. Pendek kata, lodho di tempat ini persis setan yang juara, hehehe.

Warung lodho Lestari Jaya ini juga paling banyak direkomendasikan oleh pemburu kuliner di linimasa media sosial.

Tak hanya menggunakan bumbu tradisional, lodho ini juga menggunakan daging ayam kampung tulen. Sehingga rasa dagingnya sangat kasat, padat, dan gurih

Satu lagi ciri khas warung ini yang tak ditemukan di warung lodho lain adalah nasi gurih. Nasi gurih adalah nasi yang diolah dengan bumbu dan santan hingga terasa sangat gurih.

Teksturnya juga tak terlalu lembek dan sedikit menyerap kuah. Sehingga cita rasa kuah lodhonya tak terdistorsi nasi.

Entah jurus apa yang dipakai Suparti dalam memasak, yang jelas rasanya benar-benar jagoan. Rasa kuahnya sangat kuat dengan dominasi pedas luar biasa.

Tak terhitung berapa banyak cabe yang dimasukkan Suparti hingga bertumpuk di permukaan kuah.

“Melihat penampakannya saja sudah pedas,” kata Riza Umami, pengunjung warung Lestari Jaya. (*)

Loading...

Komentar Facebook