Atasi Corona, Sri Mulyani Akan Terbitkan Surat Utang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – untuk penanganan pandemi corona di Indonesia, pemerintah berencana menerbitkan surat utang khusus yang diberi nama Pandemic Bond.

Loading...

Surat utang itu akan dijual kepada Bank Indonesia (BI), BUMN, maupun investor korporasi dan ritel.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Bank Indonesia sebagai bank sentral akan memberikan langsung pembiayaan atau utang pemerintah tersebut.

“Penerbitan Pandemic Bond yang diperkirakan untuk melakukan langkah-langkah seperti yang dilakukan, yakni ada klausul sangat khusus, yakni kemungkinan dilakukannya pembiayaan melalui BI yang dapat membeli bond secara langsung,” ujar Sri Mulyani, di Jakarta, lewat video conference, Rabu (01/04/2020).

Sri Mulyani menjelaskan, Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia akan berupaya agar proses pembelian obligasi pemerintah itu dilakukan secara hati-hati.

Aturan mengenai BI yang bisa membeli surat utang pemerintah di pasar primer itu diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020.

Sebelum adanya beleid ini, Bank Indonesia dilarang membeli Surat Berharga Negara (SBN) di pasar primer, melainkan hanya di pasar sekunder.

Dalam pasal 16 ayat 1 Perppu itu dijelaskan, BI berwenang untuk membeli Surat Utang Negara (SUN) dan atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) berjangka panjang di pasar perdana untuk penanganan permasalahan sistem keuangan yang membahayakan perekonomian nasional, termasuk SUN dan SBSN yang diterbitkan dengan tujuan tertentu khususnya dalam rangka pandemik virus corona.

“Ini akan diatur luar biasa hati-hati antara kami dan BI, di Perppu dibukanya kemungkinan itu. Namun antara BI dan Kemenkeu membuat rambu-rambunya untuk tidak dipersepsikan pemerintah secara ugal-ugalan defisit financing dengan pembiayaan dari BI, ini untuk cegah market volatile menimbulkan tingkat harga tidak rasional kemudian perlu direspon dalam bentuk pilihan-pilihan pembiayaan,” ucapnya. (*)

Loading...

Komentar Facebook