Masyarakat Diminta Pakai Masker Kain Tiga Lapis

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID- JAKARTA – Untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran virus corona, pemerintah meminta masyarakat untuk memakai masker.

Loading...

Untuk diketahui, ada tiga jenis masker yaitu kain, bedah, dan N95 yang digunakan di kondisi maupun kesempatan yang berbeda-beda.

Ketua Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,
Wiku Adisasmito mengatakan masker kain digunakan oleh masyarakat saat berada di tempat umum dan berinteraksi dengan orang lain.

“Masker kain dapat terbuat dari kain minimal tiga lapis yang dapat digunakan oleh masyarakat, dan apabila mulai basah bisa diganti,” ujarnya saat video conference update Covid-19, di akun youtube saluran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu (4/4).

Sementara masker bedah terang Wiku adalah masker yang digunakan untuk tenaga kesehatan atau orang yang sakit, sedangkan masker N95 digunakan untuk tenaga medis yang menangani pasien berisiko infeksi tinggi.

“Untuk dokter dan perawat gigi ditekankan menggunakan masker dengan jenis N95. Kami mengetahui, bahwa ada beberapa tenaga dokter gigi yang telah gugur, maka dari itu disarankan untuk menggunakan masker N95,” ujarnya.

Wiku mengatakan, tenaga medis yang tidak menangani pasien dengan risiko infeksi tinggi dan orang sakit dapat menggunakan masker bedah.

Pria yang juga Guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia ini juga berpesan mengenai mudik yang berpotensi mempeluas penularan Covid–19. Ia berharap masyarakat mematuhi kebijakan pemerintah untuk tidak mudik. [red/sd]

Loading...

Komentar Facebook