Trump Tuding WHO Chinasentris

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Badan Kesehatan Dunia (WHO) dinilai terlalu condong kepada China dalam menghadapi pandemi corona.

Loading...

Demikian disampaikan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Selasa (7/4), yang mengancam akan menahan pendanaan untuk WHO. Trump bahkan mengungkit bahwa sumber dana terbesar badan PBB itu adalah AS.

“Kami akan menghentikan pemberian uang kepada WHO,” ujar Trump.

Namun, Trump tidak menyebut berapa besar dana yang akan ditahan. “Kami akan mengevaluasi untuk mengakhiri pendanaan bagi WHO,” imbuhnya.

Menurut Trump, WHO bersikap bias ke arah Tiongkok. Sebelumnya lewat akun pribadinya di Twitter Trump menuding WHO sangat Chinasentris.

Trump kemudian mempertanyakan mengapa WHO awalnya menentang penutupan perjalanan internasional dari Tiongkok untuk mencegah penyebaran virus korona.

“Untungnya, saya mengabaikan nasehat mereka dan menutup perbatasan kami dari Tiongkok sejak awal,” tegas Trump.

Meski begitu, Trump juga dikecam karena awalnya meremehkan covid-19. Dia menyebut covid-19 tidak beda dengan flu biasa dan segalanya terkendali di AS. Dia akhirnya menerima bahwa covid-19 telah menyebabkan darurat nasional di ‘Negeri Paman Sam’ itu. [mediaindonesia/publika]

Loading...

Komentar Facebook