Erick Thohir Gandeng Microsoft

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri BUMN Erick Tohir menggagas kerjasama antara PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero) dengan Microsoft dalam rangka transformasi digital.

Loading...

Erick mengatakan kerjasama itu diharapkan mampu meningkatkan kualitas perusahaan BUMN.

“Saya berharap kolaborasi ini dapat menjadi langkah awal BUMN untuk menciptakan nilai lebih,  mendukung transparansi data dengan menggunakan teknologi strategis dan efisiensi,” ucap Erick, Kamis (8/4).

Kerjasama dengan Micrisoft tersebut direncanakan mencakup empat tujuan, mulai dari peningkatan kemampuan digitalisasi, meningkatkan kesinambungan bisnis, innovation hub, dan BUMN sebagai tempat pemasaran global.

“Kita berharap kerjasama ini akan memberi impact khususnya efektivitas operasional BUMN, menghasilkan pendapatan yang lebih besar, efisiensi biaya, meningkatkan integritas data dari hulu ke hilir, serta membawa konsolidasi data yang lebih baik”, papar Erick.

Erick menambahkan, saat ini ada sekitar 800 perusahaan milik BUMN, termasuk anak cucu usahanya. Jika menggunakan cara tradisional dalam mengelolanya, lanjut dia, maka BUMN dapat terdisrupsi.

Sehingga Erick memutuskan membangun kemitraan dengan Microsoft untuk membantu BUMN dalam mengembangkan dan mengoptimalkan teknologi terkini seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT) dan High Performance Computing (HPC).

“Terima kasih Microsoft atas aktualisasi kolaborasi ini,” ucap Erick.

Dalam kerjasama ini, Microsoft akan membantu PLN mengembangkan Smart Metering; Smart Grid Management; Smart Supply Chain; Big data Analytic dan Executive Dashboard. Diharapkan, PLN bisa lebih efektif dan efisien.

Sedangkan dengan Pertamina, Microsoft akan membantu untuk efisiensi biaya pengadaan dan procurement, mencari sumur-sumur strategis dan juga pengembangan program filantrofi, seperti proyek Al for Earth yang fokus pada keberlanjutan dan dampak perubahan iklim.

Selain itu, Microsoft juga akan memberikan program pembelajaran kepada PLN dan Pertamina mengenai teknologi digital dan eksplorasi implementasi guna pengembangan sumber daya manusia.

Erick berharap kolaborasi ini akan membantu BUMN untuk mengembangkan modernisasi infrastrukturnya, seperti pembangunan pusat data via Cloud, arsitektur ulang aplikasi, dan penilaian aset data. [*]

Loading...

Komentar Facebook