Pemerintah Akhirnya Larang Mudik

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo akhirnya melarang mudik bagi seluruh warga Indonesia demi menekan penyebaran virus corona. Keputusan ini disampaikan Jokowi saat membuka ratas soal antisipasi mudik, Selasa (21/4/2020).

Loading...

“Pada hari ini saya sampaikan bahwa mudik semuanya akan kita larang. Oleh karena itu saya minta persiapan yang berkaitan dengan ini mulai disiapkan,” ujar Jokowi saat membuka ratas online.

Jokowi menjelaskan, keputusan melarang mudik ini diambil berdasarkan survei Kemenhub. Menurut survei tersebut, masih ada 24 persen warga Indonesia yang akan tetap mudik.

“Dari hasil survei Kemenhub yang tidak mudik 68 persen, yang tetap mudik 24 persen, yang sudah mudik 7 persen. Artinya masih ada angka yang sangat besar yaitu 24 persen tadi,” jelas Jokowi.

Alasan kedua, kata Jokowi, karena sebagian bantuan dari pemerintah untuk warga yang memilih tidak mudik sudah disalurkan. Sehingga, tidak ada alasan lagi jika ada warga yang memilih mudik atau kembali ke kampung halaman mereka masing- masing.

“Berkaitan dengan Bansos, Bansos sudah mulai dilaksanakan kemarin, pembagian sembako untuk Jabodetabek, Kartu Prakerja sudah berjalan, minggu ini bansos tunai juga dikerjakan,” ujarnya.

“Jadi dari sinilah kemudian saya ingin mengambil sebuah keputusan setelah larangan mudik ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN sudah kita lakukan pada Minggu lalu, pada rapat hari ini saya ingin menyampaikan juga mudik semuanya akan kita larang,” tambahnya.

Oleh karena itu, Jokowi meminta seluruh jajarannya menyiapkan teknis larangan mudik agar terealisasi dengan baik. Jokowi sebelumnya hanya mengimbau warga agar tak ada yang mudik demi mencegah penyebaran COVID-19. Larangan hanya diberlakukan bagi PNS, TNI dan Polri.

Sebelumnya, Jokowi tidak melarang mudik karena pemerintah menilai, warga yang mudik lebih disebabkan karena dampak ekonomi wabah corona. Mereka yang mudik sudah tak lagi punya pekerjaan di kota.

Pertimbangan lain, Bansos sudah mulai didistribusikan. Sehingga, harusnya insentif ini dapat mencegah masyarakat untuk mudik demi menekan penyebaran virus corona.

“Minggu ini Bansos tunai sudah dikerjakan, dari sinilah kemudian saya ingin mengambil sebuah keputusan,” ujar Jokowi.

Dengan adanya bansos maka tak ada alasan untuk mudik, karena mereka yang tak punya pekerjaan ada penghasilan berkurang dapat bantuan dari pemerintah. [*]

Loading...

Komentar Facebook