Pendukung Jokowi Jabat Komisaris Baru Pelindo I, Begini Profilnya

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perombakan dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir pada jajaran komisaris PT Pelindo I (Persero). Erick mencopot Refly Harun dari jabatannya sebagai Komisaris Utama Pelindo I.

Loading...

Selain Refly, Erick juga turut mengganti tiga komisaris Pelindo I. Ketiganya yakni Heryadi dari jabatan Komisaris Independen, Bambang Setyo Wahyudi (Komisaris), Lukita Dinarsyah Tuwo (Komisaris), dan Winata Supriatna (Komisaris).

Sebagai gantinya, masuk sosok baru untuk jabatan komisaris, yakni Achmad Djamaludin yang diplot sebagai komisaris utama, lalu Irma Suryani Chaniago sebagai komisaris independen, dan Arman Depari sebagai komisaris.

Penetapan komisaris baru Pelindo I ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri BUMN Nomor. SK-123/MBU/04/2020 tanggal 20 April 2020.

Berikut profil masing-masing komisaris baru PT Pelindo I.

Arman Depari

Nama Arman Depari bisa dibilang cukup familiar sejak menempati posisi sebagai Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) yang kerap kali berurusan dengan bandar narkoba.

Perwira Polri berpangkat Irjen ini juga sempat menjabat sebagai Kapolda Kepulauan Riau. Di Mabes Polri, Arman juga sempat menjabat posisi Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri.

Achmad Djamaludin

Achmad Djamaluddin merupakan salah seorang perwira tinggi di TNI AL. Saat ini, dirinya tercatat sebagai perwira aktif berpangkat Laksamana Madya TNI dan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional.

Dikutip dari laman wantannas.go.id, Djamaluddin pernah menduduki posisi penting seperti Deputi IV Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI.

Posisi lain alumnus Akademi Angkatan Laut angkatan 1980 ini yakni Pembantu Deputi Urusan Lingkungan Strategis Regional Kedeputian Pengkajian dan Penginderaan pada 2012-2015.

Irma Suryani Chaniago

Irma Suryani Chaniago selama ini dikenal sebagai kader Partai Nasdem. Sebelum menjadi politikus, Irma sempat malang melintang sebagai aktivis buruh.

Sempat menjabat sebagai anggota DPR Komisi IX periode 2014-2019, Irma maju kembali pada pemilihan legislatif yang mewakili dapil Sumatera Selatan 2, tetapi langkahnya kandas karena kalah suara.

Di Nasdem, wanita kelahiran Metro, 6 Oktober 1965, ini menjabat Ketua Bidang Kesehatan, Perempuan, dan Anak DPP Partai NasDem. Lalu pada Pilpres 2019, Irma didapuk menjadi Anggota Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin.

Selain ketiga komisaris baru tersebut, dua nama lainnya yakni Winata Supriatna yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi, Maritim, Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan di Sekretariat Negara.

Lalu ada Ahmad Perwira Mulia Tarigan yang tercatat sebagai dosen di Universitas Sumatera Utara.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pergantian jajaran komisaris BUMN murni sebagai langkah penyegaran di tubuh operator pelabuhan pelat merah tersebut.

“Komisaris kan tidak hanya sendiri kan ada empat komisaris yang diganti. Jadi itu refreshing saja, artinya perlu refreshing di Pelindo sehingga kita ganti empat orang,” ujar Arya.

Adapun susunan komisaris PT Pelindo I yang baru yakni sebagai berikut:

Achmad Djamaludin – Komisaris Utama

Arman Depari – Komisaris

Herbert Timbo Parluhutan Siahaan – Komisaris Independen

Ahmad Perwira Mulia Tarigan – Komisaris Independen

Irma Suryani Chaniago – Komisaris Independen

Winata Supriatna – Komisaris. [*]

Loading...

Komentar Facebook