Pemerintah Launching ATM Beras, Begini Fungsinya

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Untuk membantu menyalurkan beras kepada masyarakat terdampak pandemi virus corona, Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan soft launching mesin ATM Pertanian Sikomandan perdana di Kodim 0501/JPBS Kemayoran, Jakarta Pusat untuk penyaluran bantuan sembako beras.

Loading...

ATM ini nantinya akan digunakan untuk mempercepat penyediaan bantuan pangan bagi masyarakat selama menjalankan ibadah puasa 2020.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, inovasi teknologi ATM beras diharapkan mampu membantu warga yang mengalami keterbatasan akses pangan selama mengikuti kebijakan pemerintah akibat pandemi virus corona.

Menurut Syahrul, kegiatan itu juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk membantu memenuhi pangan masyarakat yang terkenda dampak virus corona.

“Pencegahan penyebaran Corona salah satunya dengan PSBB. Tapi, konsekuensinya bagi saudara kita  yang penghasilannya harian sangat berpengaruh karena aktivitasnya menjadi berkurang, ATM beras ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi mereka,” kata Syahrul dalam keterangannya, Rabu (22/4/2020).

Dia menuturkan, sebagai institusi yang bertanggung jawab dalam urusan pangan, hadirnya ATM beras selain bentuk tanggung jawab Kementan, juga ingin menunjukkan bahwa pengelolaan sektor pertanian sudah semakin modern. Khususnya untuk penyaluran bantuan sembako dari pemerintah untuk masyarakat kurang mampu.

“Bantuan ini kami berikan dengan mesin ATM, disebutnya ATM Pertanian Sikomandan, warga yang mendapat bantuan silahkan datang ke Kodim untuk mengambil beras lewat ATM,” katanya.

Syahrul menjelaskan, ATM beras tersebut dikembangkan oleh Balitbangtan Kementan. Memiliki kapasitas muat 180 kilogram dengan keluaran beras 1,5 kg. ATM beras tersebut mampu beroperasi selama 12 jam perhari. “Jadi tinggal tekan, berasnya keluar,” katanya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, setiap hari masyarakat bisa mengambil beras di 12 Kodim yang tersebar di seluruh DKI Jakarta. Adapun stok beras yang dibagikan secara gratis tersebut mencapai 1,2 ton per hari.

“Saya sampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada para mitra sehingga kita bisa melakukan sesuatu yang mulia ini. Ini adalah panggilan bangsa dan negara untuk kita semua agar saling bahu membahu,” ujarnya. [*]

Loading...

Komentar Facebook