PLN Tangguhkan Pencatatan Stand Meter Pelanggan Pascabayar

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Untuk pelanggan pasca bayar, PLN menyiapkan layanan lewat WhatsApp untuk pembayaran rekening bulan Mei 2020.

Loading...

Hal tersebut dilakukan PLN untuk mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran pandemi virus corona.

“Ini bagian dari physical distancing yang kita lakukan, mengurangi interaksi langsung antara petugas dengan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona,” ujar Senior Executive Vice President Bisnis & Pelayanan Pelanggan PLN, Yuddy Setyo Wicaksono di Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Yuddy menjelaskan, pelanggan pascabayar dapat mengirimkan angka stan kWh meter melalui layanan WhatsApp terpusat PLN dengan cara yakni, siapkan nomor kWh meter dan foto stan meter.

Buka Aplikasi WhatsApp dan kirim pesan melalui nomor 08122 123 123. Ketik 2 untuk lapor pemakaian pascabayar. Selanjutnya ikuti langkah-langkah yang ada dalam WhatsApp.

“Pelaporan angka stan meter dapat dilakukan oleh pelanggan sesuai tanggal pencatatan meter masing-masing pelanggan yang akan diinformasikan pada awal proses pelaporan mandiri melalui WhatsApp.  Laporan dari pelanggan tersebut nantinya akan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik pelanggan setiap bulannya,” jelasnya.

Jadi, lanjut dia, di akhir April ini pelanggan akan melaporkan untuk rekening tagihan Mei.

“Demikian juga pada akhir Mei nanti, kami mohon pelanggan dapat mengirimkan kembali angka stan meter untuk dasar perhitungan tagihan Juni,” terang Yuddy.

Bagi pelanggan yang tidak melaporkan angka kWh meter, dasar perhitungan tagihan listrik akan menggunakan perhitungan rata-rata pemakaian listrik selama tiga bulan terakhir.

“Jadi pelanggan yang tidak bisa melaporkan, tidak perlu khawatir,” ucap Yuddy.

Dia menambahkan, jika ada pengaduan atau keluhan pelanggan terkait ketidaksesuaian pencatatan stand akhir kWh meter dan perhitungan rekening, akan diperhitungkan pada rekening bulan depan, sehingga pelanggan tetap tidak akan dirugikan. Pengaduan bisa langsung disampaikan ke contact center PLN 123.

PLN juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pembayaran secara online untuk meminimalisir kontak fisik antara pelanggan dengan petugas.

“Jadi sebagai upaya preventif mencegah penularan covid-19, kami juga mengajak pelanggan untuk memaksimalkan pembayaran listrik secara online,” imbuh Yuddy.

Pembayaran listrik dapat dilakukan di mana saja tanpa harus mendatangi kantor PLN. Diantaranya melalui ATM, Internet Banking, SMS Banking, Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) seperti Link Aja, Gopay, dan sebagainya ataupun melalui aplikasi e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan sebagainya.

“Tidak hanya pembayaran, pelanggan PLN juga dapat memaksimalkan pelayanan PLN secara online melalui Contact Center PLN 123 ataupun Aplikasi PLN Mobile, baik untuk layanan informasi tagihan, sambung baru, perubahan daya, penyambungan sementara maupun pengaduan pelanggan,” pungkas Yuddy. [*]

Loading...

Komentar Facebook