Rupiah Menguat Tipis

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mata uang rupiah hari ini mulai menunjukkan penguatan pada penutupan perdagangan di pasar spot.

Loading...

Mengutip data Bloomberg Senin (27/4/2020) rupiah ditutup pada level Rp 15.385 per dollar AS.

Rupiah menguat 15 poin atau 0,1 persen dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 15.400 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, penguatan rupiah terdorong oleh pemberian dana darurat oleh Bank Pembangunan Islam (IsDB) yang diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

IsDB siap memberikan dana darurat untuk mengatasi dampak wabah virus corona berkisar 200 juta dollar AS sampai dengan 250 juta dollar AS.

“Ini menandakan banyak lembaga perbankan dunia yang percaya terhadap pemerintah dibawah kepemimpinan Joko Widodo sehingga pasar kembali optimis, pergolakan ekonomi akibat pandemi virus corona akan kembali stabil karena fundamental ekonomi yang cukup stabil,” kata Ibrahim.

Dana pinjaman tersebut akan difokuskan nantinya untuk menambah alokasi dibidang kesehatan, bantuan sosial, maupun insentif dunia usaha demi mempertahankan daya beli masyarakat.

Dengan begitu, risiko perlambatan pertumbuhan ekonomi bisa diminimalisir.

Di samping itu, Bank Indonesia (BI) pada akhir pekan ini sedikit lega karena penguatan mata uang rupiah ditopang penuh oleh data eksternal yang cukup bagus.

Dengan demikian, bank sentral tidak terlalu mengintervensi pada perdagangan pasar valas, obligasi maupun SUN.

“Ini menjadi berkah tersendiri bagi rupiah yang kembali perkasa diakhir-akhir perdagangan awal pekan dan ini membuktikan fundamental ekonomi dalam negeri cukup bagus,” tambah dia. [*]

Loading...

Komentar Facebook