Perppu Pilkada Segera Terbit

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –
Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang penundaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 kemungkinan akan diterbitkan pada pekan ini.

Loading...

Staf Khusus Presiden Bidang Hukum Dini Purwono mengungkapkan saat ini proses penyusunan draf telah selesai dan tinggal menunggu untuk ditandatangani oleh menteri-menteri terkait.

“Bisa jadi pekan ini diterbitkan, sekarang dalam proses paraf di kementerian/lembaga terkait,” ucap Dini kepada wartawan Minggu (3/5/2020).

Sebelumnya, DPR RI meminta presiden segera menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) sebagai payung hukum jika jika pemilihan kepala daerah (pilkada) yang dijadwalkan September 2020 diundur.

“Kalau Pilkada serentak 2020 diundur ke Desember 2020 atau ke September 2021, maka harus segera keluarkan Perppu,” kata Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Golkar, Zulfikar Arse Sadikin dalam diskusi Live Streaming soal Pilkada 2020, Selasa (21/4/2020).

Zulfikar mengatakan, Perppu yang akan diterbitkan itu harus dibuat fleksibel. Misalnya Pilkada dilaksanakan sampai selesai pandemi Covid-19.

“Namun idealnya sebutkan tahunnya. Kalau tidak dilaksanakan Desember 2020, ya dilaksanakan September 2021,” kata alumnus FISIP UGM ini.

Loading...

Komentar Facebook