FIFA Batalkan Anugerah Pemain Terbaik Dunia 2020

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID – Induk Federasi Sepakbola seluruh dunia memutuskan tidak akan memberikan penghargaan Best FIFA Football Awards 2020.

Loading...

Keputusan itu disebabkan pandemi virus corona yang membuat rusaknya stabilitas sepakbola di seluruh dunia.

Dikutip dari Marca pada Rabu (13/5/2020), gelar pemain terbaik dunia versi otoritas sepak bola tertinggi itu tidak akan punya pemenang untuk tahun ini.

Jika setiap tahun Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi selalu menjadi nominasi, dipastikan keduanya harus merelakan gelar tersebut pada tahun ini.

Sejatinya, penghargaan anugerah The Best FIFA Football Awards 2020 bakal digelar di Milan, Italia, pada September mendatang.

Namun, Presiden FIFA Gianni Infantino menegaskan segala pengambilan keputusan dilakukan berdasarkan pertimbangan logis perihal aspek kemanusiaan dan kesehatan publik.

Sebelumnya, FIFA juga menangguhkan pelaksanaan turnamen Piala Dunia Wanita U-20 dan U-17 hingga Februari 2021 dan Piala Dunia Futsal ke tahun depan.

Satu-satunya kompetisi yang belum ditangguhkan FIFA adalah Piala Dunia Klub yang rencananya digelar di Abu Dhabi pada Desember.

Seremoni anugerah pemain terbaik tahun ini juga dinilai tepat ditunda karena acara glamor itu tidak layak berlangsung di tengah krisis multidimensi akibat pandemi.

Tahun lalu, Messi menjadi yang terbaik di urutan teratas pemenang kategori pria.

Ia mengalahkan dua pesaing terdekatnya, Virgil van Dijk (Liverpool) dan Cristiano Ronaldo (Juventus).

Langkah yang sama belum diterapkan France Football selaku penggagas anugerah tertinggi lainnya, Ballon d’Or.

Trofi individu yang juga diraih Messi tahun lalu itu pun terancam ditiadakan untuk edisi tahun ini, seperti halnya anugerah Sepatu Emas Eropa.

Itu lantaran bagaimana menentukan kinerja pemain berdasarkan performa sepanjang musim yang belum pasti kelanjutannya.

Apalagi, kompetisi seperti Liga Prancis malah dihentikan, sehingga bintang semodel Kylian Mbappe tak akan bisa lagi menambah koleksi gol di Ligue 1.

Sementara kelanjutan Liga Champions, Liga Europa, dan sederet kompetisi top Benua Biru masih dalam proses pembahasan

Kalau Ballon d’Or ikut dinihilkan tahun ini, sejarah baru bakal tercatat sebagai penghentian pertama sejak ajang itu digelar mulai 1956. [bolasprot.com/marca/red]

Loading...

Komentar Facebook