Zona Hijau, 48 RW di Jakarta Utara Diklaim Bebas dari Corona

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

JAKARTA, PUBLIKA.CO.ID- Kabar baik datang dari bagian Utara Jakarta. Pada Jumat (15/5/2020), dinyatakan ada 48 RW yang baru saja sembuh dari virus corona Covid-19.

Loading...

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jakarta Utara mencatat puluhan Rukun Warga (RW) pada warga yang sempat terpapar positif Covid-19 kini telah dinyatakan sembuh di 48 RW itu.

Ketua Harian Gugus Tugas Percapatan Penanganan Covid-19 Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, sebanyak 48 RW yang sebelumnya masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19 kini telah berubah ke zona hijau.

Artinya, tidak ada lagi warga yang terpapar Covid-19 di lingkungan RW tersebut.

“Dari data yang kami rinci, 48 RW di Jakarta Utara berubah ke zona hijau. 63 warga yang terpapar Covid-19 di sana telah dinyatakan sembuh. Tidak lagi terdapat kasus penyebaran Covid-19 di lingkungan RW tersebut,” kata Ali, dalam keterangan tertulisnya, ditulis Sabtu (16/5/2020).

Ia menganggap, kesuksesan tersebut merupakan hasil kolaborasi masyarakat yang menjalankan Instruksi Sekretaris Daerah Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percapatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi DKI Jakarta.

Dalam instruksi tersebut, Gugus Tugas dibuat di tingkat kecamatan, kelurahan hingga RW. Warga diimbau untuk menjalankan protokol kesehatan, isolasi mandiri bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dengan Pemantauan (PDP).

Sebelumnya, jumlah orang yang terjangkit virus corona Covid-19 di Jakarta terus bertambah. Hingga Jumat (15/5/2020), totalnya sudah menyentuh 5.679 orang yang dinyatakan positif terjangkit virus dari China ini.

Dengan demikian, jumlahnya berarti bertambah 62 orang lagi yang terjangkit corona sejak kemarin, Kamis (14/5/2020). Selain itu dari keseluruhan jumlah positif, 4.777 mengidap corona tanpa merasakan gejala.

Data ini diketahui dari situs penyedia informasi seputar corona di DKI, corona.jakarta.go.id. Laman ini menginformasikan soal kasus corona di Jakarta mulai dari jumlah positif, menunggu hasil, hingga Kelurahan tempat pasien tinggal.

Berdasarkan laman tersebut, 1286 orang dinyatakan sudah sembuh. Jumlahnya bertambah tujuh orang dari hari sebelumnya.

Sementara, 474 orang lainnya dinyatakan meninggal dunia. Pasien wafat bertambah delapan orang sejak kemarin.

Selain itu, 1.900 orang masih dirawat di Rumah Sakit (RS) yang tersebar di Jakarta. Sisanya, 2019 orang yang positif menjalani isolasi mandiri di tempatnya masing-masing.

Ada juga 1.792 orang di Jakarta yang berstatus Pasien dalam Pengawasan (PDP) tengah menunggu hasil pemeriksaan laboratorium. Pada tahapan ini, pasien sudah memiliki gejala corona dan tengah melalukan isolasi diri. (*)

artikel asli: suara.com

Loading...

Komentar Facebook