Gandeng RSUP Adam Malik, KNPI Sumut Akan Gelar Kegiatan Donor Darah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, MEDAN – Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Provinsi Sumatera Utara berencana akan menggelar kegiatan donor darah pada Minggu (9/8/2020) di di Masjid Annazhirin, Jalan Eka Warni, Gedung Johor, Medan, Sumatera Utara.

Loading...

Ketua DPD KNPI Sumut, Samsir Pohan mengatakan kegiatan ini direncanakan merupakan rangkaian kegiatan menjelang pelantikan pengurus KNPI Sumut yang ditencanakan akan digelar pada bulan Agustus 2020.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi kaum muda dalam mendukung pemerintah demi mewujudkan Indonesia sehat”, ucap Samsir Pohan.

Samsir juga mengungkapkan bahwa KNPI Sumut akan konsisten menjadi partner pemerintah dalam memajukan Sumatera Utara.

Sementara itu, Ketua Panitia Donor Darah KNPI Sumut, dr Fadli mengungkapkan kegiatan tersebut akan berkolaborasi dengan Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik Medan dan berbagai Organisasi Kepemudaan di Sumut.

Ketua panitia, dr Fadli, mengajak dan mengimbau masyarakat Medan untuk ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya. Hal ini sebagai bentuk rasa kemanusian dan kepedulian terhadap sesama.

“Ayo kita sama-sama donor darah, selain membantu sesama, juga bisa membuat tubuh kita jauh lebih sehat,” ajak dr.Fadly.

Sementara itu, penanggung jawab kegiatan, dr.Deddy Anggara Nasution yang dihubungi melalui telepon mengatakan bahwa donor darah bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

“Sebagai contoh, anak-anak yang menderita thalasemia, di mana pengobatannya harus mendapat transfusi darah seumur hidup. Selain itu penderita anemia akibat menderita penyakit-penyakit kronis seperti tumor,” jelasnya.

Lebih lanjut dr. Deddy mengatakan bahwa acara ini tetap tunduk pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerinta. Yaitu dengan menjaga jarak, wajib pakai masker dan cuci tangan.

Terkait syarat-syarat pendonor, dr Deddy mengatakan ada beberapa kriteria yang boleh ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Yang donor usia minimal 18 tahun lah bang. Jadi sebelum donor tetap dilakukan prosedur pemeriksaan kesehatan. Diperiksa tensi darahnya, kondisi fisiknya, dan hemoglobin (HB). Jadi masyarakat yang berniat donor, tidak perlu takut. Jika memenuhi standar, baru boleh diajukan sebagai pendonor,” tambahnya.

Menurut informasi, panitia menargetkan minimal ada 100 pendonor, jikapun lebih akan lebih baik, karena rumah sakit Adam Malik siap menampungnya.

Oleh karena itu sangat diharapkan kepada masyarakat, untuk sama-sama ikut mendonorkan darahnya kepada mereka yang membutuhkan.

Sebagai informasi, donor darah sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, donor darah memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah. Juga membantu menurunkan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis, dan segudang manfaat lainnya.

Meskipun acara ini digelar ditengah pandemi, masyarakat diharapkan tidak perlu cemas, karena Covid-19 tidak menular lewat darah donor.

Masyarakat hanya diminta mematuhi protokol kesehatan, termasuk menjaga etika ketika batuk dan bersin. [ril]

Loading...

Komentar Facebook