Viktor Silaen Ajak KNPI dan Pemerintah Maksimalkan Potensi Lobster Danau Toba

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, SAMOSIR – Kawasan Danau Toba diyakini memiliki potensi besar dalam budidaya perikananan air tawar, khususnya udang lobster. Sehingga jika potensi itu dimaksimalkan kawasan Danau Toba akan mampu menyumbang menjadi penopang produksi lobster air tawar di Sumatera Utara.

Loading...

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi B DPRD Sumut, Viktor Silaen saat mengunjungi nelayan lobster di Kawasan Danau Toba, Samosir bersama Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumatera Utara, Samsir Pohan, Minggu (30/8/2020).

Menurut Viktor, seluruh stakeholder khususnya kelompok pemuda harus berperan dalam memberikan dukungan maksimal dalam pengembangan budidaya lobster di kawasan Danau Toba sehingga dapat menumbuhkan perekonomian rakyat kecil secara khusus petani atau nelayan kecil di kawasan Danau Toba.

“Lobster air tawar di daunau Toba memiliki kualitas yang luar biasa, jika dikelola dengan serius akan menjadi komuditas perikanan unggulan di Sumatera Utara”, ungkap Viktor.

Viktor Silaen yang saat ini merupakan Bendahara Partai Golkar Sumatera Utara meyakini bahwa budidaya lobster di kawasan danau toba akan menjadi daya tarik bagi investor untuk berinvestasi di kawasan Danau Toba.

Anggota DPRD Sumatera Utara yang berasal dari Dapil Sumut 9 ini juga melihat bahwa luas lahan di kawasan Danau Toba untuk menjadi pusat pengembangan lobster air tawar di Sumatera Utara lebih dari cukup.

Sehingga banyaknya lahan yang tersedia untuk pengembangan budidaya lobster air tawar di kawasan danau Toba merupakan potensi yang cerah di masa yang akan datang.

“Pemerintah provinsi harus bisa berkolaborasi dengan pemerintah pusat agar potensi lobster air tawar di kawasan Danau Toba dapat menjadi sektor unggulan khususnya di bidang perikanan”, tandasnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Provinsi Sumatera Utara, Samsir Pohan menyampaikan bahwa KNPI akan turut bersinergi dalam mendorong dan memaksimalkan potensi lobster di danau toba.

“Kawasan Danau Toba memiliki potensi yang luar biasa dan akan menjadi salah satu program kerja utama KNPI Sumut kedepan baik potensi pariwisata maupun potensi perikanan di kawasan danau Toba”, ucap Samsir Pohan.

Samsir juga mengajak seluruh komponen pemuda di Sumatera Utara untuk ikut berperan dan berkolaborasi dalam membangun dan mendukung pemerintah dalam membangun kawasan Danau Toba.

“Potensi perikanan dan pariwisata di kawasan Danau Toba jika dikembangkan dengan serius akan menjadi sektor unggulan yang mampu menyokong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara”, pungkas Samsir.

[red]

Loading...

Komentar Facebook