Die Roten Rebut Piala Super Eropa

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST – Bayern Munchen berhasil merebut Piala Super Eropa setelah berhasil mengalahkan Sevilla dengan skor tipis 2-1 lewat babak extra time. Gol Javi Martinez memastikan kemenangan Die Roten.

Loading...

Laga Piala Super Eropa 2020 antara Bayern vs Sevilla digelar di Puskas Arena, Hungaria, Jumat (25/9/2020) dini hari WIB. Pertandingan berjalan sengit sejak menit-menit awal.

Sevilla mencetak gol lebih dulu lewat eksekusi tendangan penalti Lucas Ocampos di menit ke-13. Bayern membalas lewat gol Leon Goretzka pada menit ke-34. Paruh pertama ditutup dengan skor 1-1.

Bayern Munich vs Sevilla masih sama kuat 1-1 di waktu normal. (Foto: Getty Images/Pool)

Statistik babak pertama menunjukkan dominasi Bayern atas Sevilla. Die Roten melepaskan tujuh bola temabakan dan 65 persen penguasaan bola, sementara Los Palanganas hanya mencatatan satu percobaan dan menguasai bola 35 persen.

Di babak kedua, Bayern sempat dua kali membobol gawang Sevilla melalui Lewandowski dan Leroy Sane. Namun kedua gol itu dianulir Video Assistant Referee (VAR) dan wasit. Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal habis dan membuat laga dilanjut ke babak tambahan.

Bayern mencetak gol keduanya pada menit ke-104 melalui bola tandukan Javi Martinez. Skor 2-1 untuk Die Roten bertahan hingga laga tuntas, sekaligus membuat peraih treble 2020 itu merengkuh titel Piala Super Eropa kedua mereka sepanjang sejarah.

Jalannya Pertandingan

Sevilla mendapat peluang emas mencetak gol dari titik putih di menit ke-13. Hal tersebut usai Ivan Rakitic dilanggar David Alaba di kotak penalti.

Lucas Ocampos yang maju sebagai eksekutor berhasil menyelesaikan tugasnya dengan sempurna dan menaklukkan Manuel Neuer. 1-0 Sevilla memimpin.

Tertinggal satu gol, Bayern tampil menyerang guna mengejar ketertinggalan. Thomas Mueller nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-21 lewat sontekan bolanya usai menerima umpan Robert Lewandowski. Bola masih belum menemui sasaran.

Bayern kembali mengancam lewat bola tendangan Benjamin Pavard dari kotak penalti di menit ke-25, usai menerima operan terobosan dari Mueller. Namun, upayanya itu menyamping dari gawang Sevilla.

Gol! Bayern berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-33. Leon Goretzka mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari serangan Bayern ke jantung pertahanan Sevilla, Goretzka mampu melepaskan bola tendangan yang merobek jala Sevilla usai memanfaatkan umpan pendek Lewandowski. Kedudukan sama kuat 1-1.

Bayern terus menekan pertahanan Sevilla di sisa waktu yang ada. Namun hingga babak pertama berakhir, kedudukan 1-1 untuk kedua tim tidak berubah.

Di babak kedua, Bayern langsung tancap gas. Die Roten mencetak gol di menit ke-50 lewat Lewandowski usai memaksimalkan umpan Mueller.

Namun, Video Assistant Referee (VAR) menilai ada pelanggaran offside sebelum Lewandowski mencetak gol. Wasit kemudian membatalkan gol Bayern itu dan kedudukan tetap tidak berubah 1-1.

Bayern menjebol gawang Sevilla di menit ke-63 via bola tembakan Leroy Sane. Gol Die Roten kembali dianulir karena Lewandowski dianggap melakukan pelanggaran lebih dulu.

Sevilla hampir mencetak gol di menit ke-86 lewat bola tendangan Ben Youssef En-Nesyri yang tinggal berhadapan dengan Neuer. Upayanya masih bisa digagalkan kiper Bayern tersebut dan hanya membuahkan tendangan sudut.

Tidak ada gol yang tercipta lagi hingga babak kedua berakhir. Skor 1-1 memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Pada babak tambahan, Sevilla membuka peluang via bola tendangan En-Nesyri dari jarak dekat. Neuer kembali menyelamatkan gawangnya dengan menggagalkan percobaan penggawa Sevilla itu.

Gol! Bayern berbalik unggul 2-1 di menit ke-104. Javi Martinez sukses menanduk bola muntah tendangan David Alaba yang ditepis kiper Yassine Bounou menjadi gol. Keunggulan pasukan Hansi Flick tersebut bertahan hingga paruh pertama babak tambahan.

Sevilla berupaya mengejar ketertinggalannya di paruh kedua babak tambahan. Namun hingga pertandingan berakhir, skor 2-1 untuk Bayern tidak berubah dan membuat Die Roten berhak meraih trofi Piala Super Eropa 2020.

Susunan Pemain

Bayern Munich: Manuel Neuer; Benjamin Pavard, Niklas Suele, David Alaba, Lucas Hernandez (Javi Martinez 99′); Leon Goretzka (Alphonso Davies 99′), Joshua Kimmich; Serge Gnabry, Thomas Mueller, Leroy Sane (Corentin Tolisso 70′); Robert Lewandowski.

Sevilla: Yassine Bounou; Sergio Escudero, Diego Carlos, Jules Kounde, Jesus Navas; Ivan Rakitic (Oliver Torres 56′), Fernando, Joan Jordan (Franco Vazquez 94′); Lucas Ocampos, Luuk de Jong (Youssef En-Nesyri 56′), Suso (Nmenja Gudelj 73′).

(*)

Loading...

Komentar Facebook