Dituduh Sebagai Dalang Gerakan 30 September, Ini Fakta DN Aidit, Ketua CC PKI.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID – Hidup Dipa Nusantara Aidit berakhir sungguh tragis, bak hilang ditelan bumi, tak berbekas sama sekali, pusaranya pun tak jelas dimana keberadaanya.

Loading...

Sebagai Ketua Partai Komunis Indonesia (PKI) terakhir dalam catatan sejarah, Aidit mampu membawa PKI menjadi salah satu partai terbesar di negara Indonesia.

Pria kelahiran 30 Juli 1965 ini dituduh sebagai dalang peristiwa besar G30S/ PKI. Meskipun sampai wafatnya belum ada keterangan pasti yang menyatakan bahwa D.N Aidit yang mendalangi peristiwa mengerikan tersebut.

Dalam sebuah kesempatan di acara Youtube Channel Indonesia Lawyer Club, anak D.N Aidit yaitu Ilham Aidit membuka fakta tentang ayahnya yang belum di ketahui oleh publik. Berikut adalah fakta D.N Aidit yang mungkin belum diketahui oleh publik.

DN Aidit tidak merokok

Dalam film penghkianatan G30S/PKI D.N Aidit digambarkan sebagai sosok perokok namun fakta yang sesungguhnya adalah D.N Aidit bukan perokok. Menurut keterangan dari anaknya, sang ayah tidak bisa merokok sama sekali karena akan selalu batuk saat mencoba merokok.

Akrab dengan Soekarno

D.N Aidit menjadi murid kursus politik Ir. Soekarno. Hubungan keduanya berupa senior dan junior yang cukup erat. Dirinya kerap mengantar jempur Ir.Soekarno dalam kursus.

Menjadi loper koran

D.N Aidit pernah menjadi loper koran Harian Rakyat, milik partainya di bredel oleh pemerintah. Koran tersebut pertama kali terbit 31 Januari 1951 menjadi salah satu media masa Indonesia pada periode 1950-1965. Hal yang menarik adalah ketika dirinya menjadi loper koran saat itu, D.N Aidit menjabat sebagai ketua partai.

Sosok yang religious

merupakan pemuda alim yang lurus. Ia sangat dekat dengan hal-hal keislaman terutama karena sang ayah adalah tokoh penting di Belitung. Ayah DN Aidit, Abdullah memiliki organisasi bernama Nurul Islam yang berbasis Muhammadiyah. D.N Aidit kala itu menjadi pemuda yang cukup aktif dalam organisasi tersebut.

Marga Aidit

Belakangan muncul berita simpang siur mengenai marga Aidit yang menyatakan bahwa dirinya adalah keturunan dari marga Al-Aidid. Faktanya ayah D.N Aidit bernama Abdullah adalah orang Belitung asli dan ibunya adalah orang Maninjau yang tinggal di Belitung.

Demikian fakta DN Aidit yang mungkin belum diketahui oleh masyarakat umum.

(*)

 

Loading...

Komentar Facebook