Derby Merseyside Tuntas Tanpa Pemenang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID – Laga big match bertajuk Derby Merseyside antara Liverpool dan Everton dalam lanjutan Liga Inggris 2020/2021 berakhir tanpa pemenang. Baik Everton dan Liverpool harus puas berbagi angka setelah bermain sama kuat dengan skor akhir 2-2.

Loading...

Duel Everton vs Liverpool dilangsungkan di Goodison Park, Sabtu (17/10/2020). Pertandingan berjalan seru setelah kedua kesebelasan saling berbalas gol.

The Reds membuka keunggulan lebih dulu berkat gol cepat Sadio Mane, yang disamakan Everton melalui Michael Keane. Setelah jeda pertandingan, tim tamu lagi-lagi di depan usai Mohamed Salah mencetak gol kedua namun the Toffees menyeimbangkan permainan dengan gol Dominic Calvert-Lewin.

Everton sendiri menyudahi permainan dengan 10 orang setelah Richarlison dikartu merah. Liverpool hampir saja memenangi laga seandainya gol Jordan Henderson di injury time tidak dianulir wasit.

Dengan hasil ini Everton belum tergoyahkan di puncak klasemen sementara Liga Inggris usai mengoleksi 13 poin dari lima laga. Liverpool menempel di bawahnya usai mengoleksi 10 poin.

Jalannya Pertandingan

Liverpool mengawali pertandingan dengan ciamik. Saat pertandingan belum genap bergulir tiga menit, Liverpool sudah mengungguli Everton 1-0.

Everton kehilangan bola di lapangan tengah sehingga memungkinkan Liverpool melakukan serangan balik. Bola panjang diterima Andy Robertson di sayap kiri lalu diteruskan dengan umpan silang. Sadio Mane menyambut dengan sontekan ke arah sudut atas gawang.

Kiper Everton Jordan Pickford menerjang Virgil van Dijk yang hendak menyongsong sebuah crossing. Pickford tidak diganjar hukuman dari wasit karena Van Dijk dalam posisi offside. Bek Belanda itu mesti mendapatkan perawatan di pinggir lapangan sebelum ditarik keluar.

Everton mulai keluar dari tekanan Liverpool. Di menit ke-11, sundulan Dominic Calvert-Lewin saat menyongsong umpan dari sayap kiri masih melambung.

Calvert-Lewin bertubi-tubi mengancam Liverpool. Yang pertama sepakannya masih terlalu lemah sehingga bisa diamankan Adrian. Kemudian tembakan dia dari sisi kanan kotak penalti melenceng.

Everton akhirnya menciptakan gol penyama di menit ke-19. Sepak pojok James Rodriguez ditanduk Michael Keane tanpa bisa dihentikan Adrian. Skor kini seimbang 1-1.

Pickford melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-25. Mohamed Salah mengambil tendangan bebas Liverpool dengan mengirim bola ke sudut atas gawang Everton meski masih bisa ditangkis.

Kombinasi Mane, Firmino dan Robertson menghasilkan sebuah peluang berbahaya pada sembilan menit kemudian. Bola jatuh di kaki Robertson yang sodorannya diteruskan Mane dengan tembakan kaki kanan keras namun masih melebar tipis dari gawang Everton.

Everton melewatkan peluang emas di menit ke-40. Dari sayap kanan, Calvert-Lewin melepaskan umpan yang menerobos pertahanan Liverpool. Richarlison yang berdiri di tiang jauh gagal menjangkau bola.

Liverpool hampir memperbesar skornya di awal babak kedua. Jordan Henderson menyambut sebuah umpan silang dengan tembakan keras kaki kanan yang melayang tipias di atas mistar gawang Pickford.

Everton juga menciptakan peluang emas. Bola crossing Digne dari sayap kiri diterima Calvert-Lewin namun sepakannya diredam Adrian. Jelang pertandingan menuju sejam, Everton lagi-lagi mengancam. Bola yang ditanduk Richarlison dari umpan James menghantam tiang gawang Liverpool sebelum bisa diamankan.

Liverpool akhirnya mendapatkan gol keduanya di menit ke-72. Umpan Henderson dari sisi kiri diamankan oleh lini belakang Everton, tapi bola justru jatuh ke jalur Mohamed Salah. Penyerang Mesir itu lantas meneruskan dengan tembakan voli yang tidak sanggup diredam Pickford. Liverpool memimpin 2-1 atas Everton.

Lima menit berselang, Liverpool nyaris menambah keunggulannya. Joel Matip menanduk bola hasil sepak pojok yang memaksa Pickford melakukan penyelamatan bagus.

Game on! Everton lagi-lagi menyamakan kedudukan. Di menit ke-81, Calvert-Lewin menciptakan gol balasan kedua Everton sehingga mengubah skor menjadi 2-2.

Serbuan Everton dari sisi kiri diakhiri Digne dengan melepaskan crossing. Calvert-Lewin melompat tinggi mengalahkan penjagaan Robertson lalu menanduk bola ke arah sudut bawah gawang yang gagal dijangkau Adrian.

Di menit-menit terakhir waktu normal, Everton mesti kehilangan Richarlison karena diganjar kartu merah. Menyusul terjangannya kepada Thiago Alcantara. Pertandingan kini 10 vs 11 pemain.

Keunggulan jumlah pemain berhasil dimaksimalkan Liverpool. Di masa injury time, Liverpool mencetak gol melalui Henderson. Namun, gol tersebut dianulir karena si pengumpan Sadio Mane lebih dahulu dalam posisi offside. Skor tetap 2-2, yang bertahan sampai pertandingan bubar.

Susunan Pemain

EVERTON: Pickford, Coleman (Godfrey 32′), Digne, Keane, Yerry Mina, James Rodriguez, Allan, Doucoure (Iwobi 78′), Andre Gomes, Calvert-Lewin, Richarlison

LIVERPOOL: Adrian, Matip, Van Dijk (Joe Gomez 12′), Robertson, Alexander-Arnold, Henderson, Thiago Alcantara, Fabinho (Wijnaldum 90+1′), Firmino (Jota 78′), Salah, Mane

(red)

Loading...

Komentar Facebook