Jelang Pilkada 2020, KNPI Sumut Ajak Kaum Muda Berperan Aktif

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, MEDAN – Persentase partisipasi kaum muda dalam Pilkada 2020 masih sangat rendah. Berdasarkan hasil survei Change.org menunjukkan bahwa antusiasme anak muda Indonesia terhadap penyelenggaraan Pilkada 2020 hanya 27% saja.

Loading...

Sebanyak 52% responden mengaku biasa saja dalam menyambut Pilkada 2020. Sedangkan, 14% responden menyatakan tidak antusias terhadap Pilkada 2020. Change.org melakukan survei terhadap 9.087 orang sejak 12 Oktober – 10 November 2020. Mayoritas responden dalam survei ini berada di rentang usia 17-30 tahun yang merupakan warga muda aktif pengguna media sosial.

Menyikapi hal itu, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Utara menilai seluruh pemangku kebijakan terutama penyelenggara pemilu harus mengambil langkah serius.

“Jika hanya 27 persen anak muda yang antusias menghadapi pilkada berarti kualitas demokrasi kita masih belum baik”, ujar Budi Setiawan Siregar wakil ketua KNPI Sumut.

“Ini PR besar untuk kita semua, khususnya bagi penyelenggara pemilu. Harus segera diambil langkah taktis dan strategis untuk menjawab persoalan ini”, tambah Budi yang juga mantan Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Provinsi Sumatera Utara.

Sementara itu, Ketua KNPI Sumut Samsir Pohan menilai temuan survei Change.org itu harus disikapi secara serius oleh kalangan anak muda.

“Hasil survei Change.org itu harus disikapi anak muda. Tidak boleh apatis. Anak muda harus terlibat dan ikut menentukan dalam pilkada”, ujar Samsir.

“Jika anak muda bosan dengan pola lama, pilih pemimpin muda. Untuk kota Medan, kita pilih dan menangkan Bobby – Aulia; nomor dua. Kita yakin satu frekwensi dengan mereka. Enak ngasi masukannya, nyambung dia. Sama-sama anak muda”, pungkas politisi Golkar Sumut itu.

(red/ril/je)

Loading...

Komentar Facebook