Muryanto Amin Rektor USU 2021-2026

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Muriyanto Amin dinyatakan terpilih sebagai rektor Universitas Sumatera Utara periode 2021-2026. Dekan FISIP USU ini terpilih dalam pemilihan oleh Majelis Wali Amanat USU di Gedung Kementerian Pendidikan Tinggi di Jakarta, Kamis (3/12/2020).

Loading...

Diketahui tiga nama calon Rektor USU yakni Muryanto Amin, Prof Dr Farhat, dan Prof Arif Nasution, lolos tiga besar dan akan melalui proses pemilihan di MWA USU. Anggota MWA USU berjumlah 21 orang. Di mana, satu di antaranya adalah Gubernur Sumut dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Muriyanto memperoleh 18 suara atau 57,75%. Kandidat lain Farhat memperoleh atau 35,75% dan M. Arief Nasution meraih 2 suara atau 6,5%.

Sesuai aturan, jumlah suara Mendikbud dalam pemilihan rektor adalah sebesar 35%. Dengan jumlah anggota MWA USU sebanyak 21 orang, maka suara Menteri Nadiem akan setara dengan 11 anggota MWA.

Muryanto Amin lahir di Medan pada 30 September 1974. Dia menjadi calon Rektor USU yang paling muda. Pendidikan terakhir Muryanto yaitu S3 Ilmu Politik UI dan kini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU.

Muryanto merupakan seorang suami dan juga ayah dari 3 orang anak, telah berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Politik Program Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) setelah berjuang selama kurang lebih 90 menit mempertahankan disertasinya yang berjudul “Kekuasaan dan Politik Lokal (Studi tentang Peran Pemuda Pancasila dalam Mendukung Syamsul Arifin dan Gatot Pudjonugroho sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara Periode 2008-2013)”.

Muriyanto Amien mengatakan dia akan memajukan USU dalam lima tahun kepemimpinanya. “Saya akan menjadikan USU Univeristas kelas dunia yang menghasilkan lulusan yang berkarater keindonesiaan dan bermoral tinggi,” katanya.

(mi/red)

Loading...

Komentar Facebook