HRS Pede Hadapi Vonis Hakim: Insyaallah Hari Ini Menang!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID- Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur akan menggelar sidang putusan terhadap terdakwa Habib Rizieq Shihab dalam kasus kerumunan Petamburan dan Megamendung, hari ini. Terkait sidang putusan ini, tim pengacara Habib Rizieq percaya diri bakal memenangkan perkara tersebut.

Loading...

Salah satu kuasa hukum Rizieq, Aziz Yanuar, mengatakan, eks pentolan FPI itu sudah siap menjalani sidang vonis.

“Sudah siap untuk menyongsong kemenangan hari ini,” kata Aziz saat dihubungi Suara.com, Kamis (27/5/2021).

Sementara itu ketika ditanya apakah ada pesan-pesan khusus yang disampaikan Rizieq jelang jalani sidang vonis, Aziz menjawab dengan kalimat hampir serupa.

“(Pesan Rizieq) semangat, Insyaallah hari ini menang,” kata dia.

Selain Rizieq, 5 terdakwa lainnya yakni Haris Ubaidillah, Ahamd Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus Al-Habsyi, Maman Suryadi bakal jalani sidang dengan agenda vonis juga dalam kasus kerumunan Petamburan.

Hari ini juga selain sidang dengan agenda vonis terkait kasus kerumunan Petamburan dan Megamendung, Rizieq bakal menjalani sidang dengan agenda pemeriksaan terdakwa dalam kasus swab test RS UMMI.

Untuk diketahui, pada agenda pledoi atau pembacaan nota pembelaan atas tuntutan, Rizieq meminta dibebaskan secara murni dalam kasus pelanggaran protokol kesehatan di Megamendung.

Rizieq dalam pledoinya, menilai kalau dakwaan pasal Pasal 93 Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, atas kerumunan di Megamendung tidak relevan. Pasalnya ia mengklaim semua terjadi secara spontan.

“Selain itu terdakwa tidak pernah mengundang atau mengajak masyarakat berkerumun di Megamendung, dan terdakwa juga tidak pernah menghalangi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan,” kata Rizieq saat bacakan pledoinya.

Sementara dalam kasus pelanggaran prokes Petamburan, Rizieq dalam pledoinya juga meminta hakim memvonis bebas murni dirinya dari berbagai tuntutan jaksa.

Adapun jaksa penuntut umum atau JPU dalam replik atau nota jawaban atas pledoi Rizieq, tetap meminta majelis hakim agar tetap memvonis Rizieq dkk sesuai dengan tuntutan yang ada.

Sebelumnya, dalam kasus kerumunan Megamendung dan Petamburan Rizieq telah dituntut masing-masing 10 bulan dan 2 tahun penjara. Serta tambahan pidana dilarang berkecimpung dalam keormasan selama 3 tahun.

Untuk lima terdakwa lainnya mereka dituntut hukuman penjara selama 1 tahun 6 bulan. Tak hanya itu, mereka juga dituntut diberikan pidana tambahan yakni dilarang berkecimpung dalam keormasan selama 2 tahun.

 

sumber: suara.com

Loading...

Komentar Facebook