xxxhub
frustrated trophy mom mounts son. freeporn
tamil sex raylene fucked sana.

Impor Senjata ke Eropa Naik Tajam

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM – Negara-negara Eropa mengalami peningkatan impor senjata terbesar di dunia dalam lima tahun terakhir. Fenomena jadi “hotspot” impor senjata ini terjadi sejak mereka ketakutan dengan gelagat Rusia hendak menginvasi Ukraina, yang sekarang menjadi kenyataan.

Loading...

Laporan riset Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) yang diterbitkan Senin (14/3/2022) menunjukkan ekspor senjata menurun secara global sebesar 4,6 persen pada 2017-2021 dibandingkan dengan lima tahun sebelumnya.

Sedangkan Eropa mencatat peningkatan 19 persen. Meski ekspor senjata tumbuh di Eropa, namun negara-negara di benua itu juga meningkatkan impor senjata.

“Kami akan meningkatkan pengeluaran militer kami tidak hanya sedikit tetapi banyak. Kami membutuhkan senjata baru dan banyak dari itu akan datang dari impor,” kata peneliti senior SIPRI, Siemon T. Wezeman.

Dia menambahkan bahwa mayoritas kemungkinan akan datang dari sesama negara Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Negara-negara Eropa yang ketakutan dengan invasi Rusia ke Ukraina diperkirakan mulai memperkuat militer mereka dengan jet tempur, seperti F-35 Amerika, rudal, artileri dan senjata berat lainnya.

Peneliti itu mengatakan tren kenaikan impor senjata sebenarnya dimulai setelah pencaplokan Crimea oleh Rusia pada 2014, dengan efek yang terlihat sekarang.

Sifat tidak jelas dari banyak kontrak dan sumbangan senjata tanpa pembayaran membuat sulit untuk memberikan angka pasti untuk perdagangan senjata dunia tetapi para ahli memperkirakan omzet mendekati USD100 miliar (91 miliar euro) per tahun.

Sementara impor senjata ke wilayah terpadat di dunia menurun sekitar lima persen selama lima tahun terakhir, Asia Timur dan Oseania secara khusus mengalami pertumbuhan yang kuat, dengan masing-masing 20 dan 59 persen.

“Harga minyak saat ini berarti mereka akan memiliki banyak pendapatan dan itu biasanya berarti pesanan senjata dalam jumlah besar,” ujar Wezeman, seperti dikutip AFP.

Dalam hal angka negara masing-masing, India dan Arab Saudi berbagi tempat teratas sebagai importir terbesar, masing-masing menyumbang 11 persen, di depan Mesir (5,7 persen), Australia (5,4 persen) dan China (4,8 persen).

Rusia tetap di tempat kedua setelah Amerika Serikat sebagai pengekspor senjata terbesar di dunia, meskipun pangsanya telah turun menjadi 19 persen selama lima tahun terakhir.

Angka penurunan ini sebagian besar karena penurunan impor oleh China, yang sekarang hampir sepenuhnya independen dari senjata Rusia.

“Pasti akan ada larangan dari pihak Amerika Serikat. Itu sudah berlangsung selama beberapa tahun, bahwa jika Anda membeli senjata dari Rusia, maka kami kemungkinan akan memberikan sanksi kepada Anda dengan berbagai cara”, kata Wezeman, mengutip ketegangan yang muncul setelah Turki pembelian sistem pertahanan rudal S-400 Rusia. Prancis adalah eksportir terbesar ketiga dengan 11 persen, sementara China dan Jerman memegang posisi keempat dan kelima dengan masing-masing 4,6 dan 4,5 persen.

(*)

 

Loading...

Komentar Facebook

sex videos
sex videos amateur babe tugs and sucks cock outdoors.
phim sex hay