Warga Keluhkan Kenaikan Air, Begini Tanggapan Dirut PDAM Danum Benuanta Bulungan…

Jumat, 5 September 2025

PUBLIKA TANJUNG SELOR – Beberapa hari ini warga Bulungan yang sebagai konsumen dari Danum Benuanta mengeluhkan pembayaran air PDAM mengalami peningkatan pembayaran dari biasanya dibayarkan.

Tak hanya itu, kondisi air yang seharusnya jernih tapi yang diterima warga sebagian besar berwarna kuning dan keruh.

Menanggapi hal tersebut Direktur Utama PDAM Danum Benuanta Bulungan, Eldiansyah mengatakan agar warga pengguna air PDAM untuk datang ke kantor PDAM agar ditindaklanjuti.

Baca juga  Kapolda Kaltara Hadiri Upacara HUT Provinsi Kalimantan Utara ke-12 Tahun 2024

“Kami siap memberikan penjelasan soal tarif maupun perhitungannya. Silakan datang ke kantor bila ada pertanyaan,” tutur Eldiansyah pada hari Jumat (5/9/2025).

Lanjutnya, untuk tarif air di Bulungan terbagi atas beberapa blok, pada blok subsidi sebesar Rp 3.500, sedangkan non-subsidi meliputi kategori R2 sebesar Rp 7.000, R3 sebesar Rp 7.500, hingga R4 sebesar Rp 8.000.

“Penentuan kategori pelanggan berdasarkan luas bangunan dan kapasitas listrik. R2 biasanya memakai daya 4 ampere, sedangkan R3 berada di kisaran 6–10 ampere,” tuturnya.

Baca juga  Pengobatan Gratis, Wujud Kedekatan Polda Kaltara Dengan Masyarakat Menyambut HUT Ke-74 Ditpolairud

“Pelanggan di atas R3 kami kategorikan mampu, sementara R1 dan R2 masih mendapat keringanan tarif,” tambahnya.

Eldiansyah menyebutkan pemakaian 0 sampai 10 kubik untuk semua golongan ditetapkan Rp 3.500. Tapi ketika pemakaian melebihi batas tersebut, tarif progresif langsung berlaku.

“Keluhan soal mahal biasanya karena konsumsi air lebih dari 10 kubik. Apalagi bila di atas 22 kubik, kenaikan tarif terasa cukup tinggi, khususnya di kategori R3,” ujarnya.

Baca juga  H.Abdul Wahid Amudi Anggota Dewan Dari Fraksi PKS Bulungan, Mengucapkan Selamat Idul Adha 1446 H. Tahun 2025

Dirinya pun mengimbau masyarakat untuk lebih hemat menggunakan air serta rutin mengontrol pemakaian.

Selain itu, PDAM juga menyediakan layanan pengecekan jika ada meteran rusak atau indikasi kebocoran.

“Penggantian meteran rusak gratis, tanpa biaya. Laporkan saja dengan nama, ID pelanggan, dan alamat, tim kami akan turun langsung. Mempermudah pelanggan, PDAM juga membuka layanan konsultasi melalui call center di nomor 0851-7951-6933,” pungkasnya.

Bagikan:
Berita Terkait